Saturday, 18 May 2024
HomeKota BogorBangkitkan Ekonomi, Pelaku UMKM Buka Bazar di SMK Citra Pariwisata Bogor

Bangkitkan Ekonomi, Pelaku UMKM Buka Bazar di SMK Citra Pariwisata Bogor

Bogordaily.net– Geliat ekonomi mulai bangkit menyusul kasus Covid-19 di Indonesia yang mulai landai. Kondisi ini membuat pelaku usaha mulai bergerilya berdagang secara langsung. Seperti halnya yang dilakukan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di bawah Jabar Juara Sejahtera (JJS) ini. JJS yang memiliki binaan lebih dari ratusan UKM ini membuka bazar di SMK Citra Pariwisata Bogor, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, , belum lama ini.

Ketua JJS, Irvan Januar mengatakan, selama pandemi terjadi di Indonesia membuat UMKM mengalami penurunan bahkan sempat terpuruk. Namun, saat ini mulai bangkit hingga akhirnya menggelar bazar di lembaga pendidikan yaitu SMK Citra Pariwisata yang ada di Mulyaharja .

“Saya menyampaikan rasa terima kasih kepada SMK Citra Pariwisata yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. Dan dihadiri juga oleh Pak Wakil Wali , hingga beliau memborong produk yang dijual oleh peserta UMKM,” ujar Irvan kepada wartawan.

Irvan menjelaskan, dengan membuka bazar di SMK Citra Pariwisata ini sekaligus untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswinya, dimana di sekolah tersebut memiliki jurusan kewirausahaan, sehingga sangat cocok dan nantinya bisa direalisasikan oleh anak-anak.

“Kalau untuk target pembelinya, yaitu warga sekitar dan juga guru-guru. Tetapi disini kita juga memberikan edukasi kepada siswa siswi tentang bagaimana menjadi wirausaha,” jelasnya.

Wakil Wali Dedie A. Rachim menghadiri bazar yang diikuti UKM di bawah naungan JJS di SMK Citra Pariwisata Bogor, .(Istimewa/Bogordaily.net)

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan SMK Citra Pariwisata Bogor Sutisna, mengaku bersyukur karena melalui kegiatan ini dengan sendirinya dapat memperkenalkan SMK Citra Pariwisata kepada masyarakat luas. Terlebih kegiatan tersebut dikunjungi oleh Wakil Wali Dedie A. Rachim, sehingga orang nomor dua di Pemerintahan itu tahu keberadaan sekolahnya yang berlokasi di wilayah Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan.

“Jadi sekarang mereka tahu ternyata di ujungnya ini ada sekolah SMK Citra Pariwisata atau istilahnya ada mutiara didalam padang pasir. Bahkan mereka menganggap sekolah kami luar biasa dan menjadi salah satu sekolah terbaik di ,” ujar Sutisna.

Lebih lanjut Sutisna memaparkan bahwa, sekolahnya itu memiliki bidang study kewirausahawan dan sudah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama, kemudian juga dengan koperasi yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pokok bagi guru dan juga jajanan siswa.

Wakil Wali Dedie A. Rachim menghadiri bazar yang diikuti UKM di bawah naungan JJS di SMK Citra Pariwisata Bogor, Kota Bogor.(Istimewa/Bogordaily.net)

Sementara itu, Kepala SMK Citra Pariwisata Sony Arfan mengatakan, kegiatan ini memang pihak sekolah sudah menjalin kerja sama dengan Asosiasi atau forum UMKM Bogor Raya, dan pihak sekolah juga akan bertransformasi.

“Selain menjadi sekolah yang menjadi pencetak lulusan atau tenaga kerja, menjadi sekolah yang juga mencetak wirausaha. Banyak sekali kurikulum yang akan kita bangun dengan Asosiasi atau forum UMKM termasuk dengan kegiatan praktek kewirausahaan dan pengembangan bisnis serta lapangan karir kelulusan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada wakil wali kota Bogor yang hadir dan bersilaturahmi.

“Semoga bisa bersinergi, khususnya dengan wilayah Mulyaharja dan Kecamatan Bogor selatan yang sebagai ujung tombak Pariwisata yang ada di Kota Bogor,” pungkasnya.(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here