Wednesday, 8 May 2024
HomeViralBerduyun-Duyun, Ratusan Pelamar Padati Kantor BLK Bogor

Berduyun-Duyun, Ratusan Pelamar Padati Kantor BLK Bogor

Bogordaily.net – Semenjak Indonesia dilanda pandemi Covid-19, angka semakin banyak. Kini, ketika pandemi mereda, ratusan pelamar padati kantor UPT Balai Latihan Keja (BLK) Bogor, Kamis, 19 Mei 2022.

Diketahui dari yang beredar, ratusan pelamar tersebut nampak memenuhi halaman parkir kantor . Bahkan, terlihat beberapa puluhan motor pun terparkir hingga ke jalanan.

Para pelamar yang  padati kantor , untuk penempatan di Cimory Factory Sentul.

Diketahui, selama pandemi sejumlah perusahaan banyak yang melakukan pengurangan karyawan secara besar-besaran. Hal itulah, yang membuat jumlah penggangguran di Indonesia semakin meningkat.

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa jumlah di Indonesia pada Februari 2022 adalah sebesar 8,40 juta penduduk.

Dibandingkan jumlah pada Februari tahun lalu, maka angkanya menurun sekitar 350 ribu lebih orang. Sedangkan jika dibandingkan jumlah pada Agustus tahun lalu, penurunannya sekitar 700 ribuan orang.

Sehingga tingkat terbuka (TPK) Indonesia pada Februari 2022 adalah sebesar 5,83 persen. Dibanding tahun lalu, maka persentasenya menurun. Untuk diketahui, TPK pada Februari 2021 sebesar 6,26 persen.

“Kondisi ketenagakerjaan kita sampai dengan Februari 2022, diliat dari levelnya, belum sepenuhnya pulih dari kondisi sebelum Covid-19,” kata Kepala BPS Margo Yuwono.

Jumlah angkatan kerja Indonesia pada Februari 2022 mencapai 144,01 juta orang. Jumlah ini pun jadi yang tertinggi dalam tiga tahun terakhir.

Namun angka itu belum mencapai perolehan pada Februari 2020, sebulan tepat sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan Covid-19 sebagai pandemi global. Angka TPK saat itu sebesar 4,94 persen.

Terlepas dari faktor pandemi, perlu diperhatikan pula bahwa sejak 2019, tren tingkat selalu menurun saat Februari, lalu meningkat di bulan Agustus.

Hal ini terjadi lantaran jumlah penduduk bekerja meningkat di bulan Februari, lalu menurun di bulan Agustus. Riset jumlah penduduk bekerja dan menganggur selalu dilakukan BPS dua kali setahun, yakni di bulan Februari dan Agustus.

Berdasarkan riset BPS, jumlah angkatan kerja Indonesia pada Februari 2022 mencapai 144,01 juta orang. Jumlah ini pun jadi yang tertinggi dalam tiga tahun terakhir.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here