Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalBermain HP saat Hujan Petir, Apakah Berbahaya?

Bermain HP saat Hujan Petir, Apakah Berbahaya?

Bogordaily.net –  Banyak anggapan bahwa bermain HP atau smartphone saat hujan petir sangat membahayakan karena dapat menyambar orang yang tersebut, terutama saat sedang mengisi daya HP.

Seperti yang dialami oleh, Seorang remaja wanita Ajeng Wahyuni (18) saat sedang bermain handphone (HP) tewas ketika sedang kamping di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Sabtu, 14 Mei 2022, sore.

Di bawah cuaca mendung, korban sedang memasak di depan tenda tempatnya menginap. Sambil memasak tersebut, korban memainkan handphone.

Tiba-tiba petir menyambar tubuh korban hingga di lokasi kejadian. Korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo (RSPG) di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua.

Namun, apakah bermain HP saat hujan petir berbahaya itu hoaks?

Pakar Keselamatan Kilat di National Weather Service, John Jensenius, menyatakan, menggunakan HP saat petir berlangsung tidak membahayakan.

Dia juga menyanggah mitos yang mengatakan bahwa menggunakan ponsel saat terjadi petir akan membahayakan jiwa.

“Hal pertama yang harus dipahami semua orang adalah tidak ada sesuatu yang benar-benar bisa menarik kilat, tetapi kilat menyambar melalui kabel, pagar, dan benda-benda seperti itu. Jadi, jika Anda menggunakan ponsel saat terjadi petir, kemungkinan besar Anda tidak akan tersambar olehnya,” kata John Jensenius, dilansir dari Accuweather.

Menurut John Jensenius, ada kesalahpahaman tentang asumsi kebanyakan orang yang menganggap bahwa ponsel bisa menarik petir. Jika ada orang yang saat sedang menggunakan ponsel, orang-orang akan beranggapan bahwa ponsel itu adalah penyebabnya.

Padahal dalam kenyataannya, John Jensenius mengatakan, sambaran petir tidak ada hubungannya dengan ponsel yang digenggam.

“Kuncinya adalah Anda harus berada di tempat yang aman sehingga Anda tidak . Tidak peduli apakah Anda membawa ponsel atau tidak,” tuturnya.
Namun, lain halnya dengan telepon rumah. Penggunaan telepon rumah saat terjadi petir tidak aman karena telepon rumah tersambung dengan kabel di luar ruangan.

Secara teknis, petir bisa menyambar secara tidak langsung melalui kawat ke telepon rumah dan dapat melukai orang yang sedang menggunakannya.

“Tempat Anda berada ialah yang paling penting. Jika Anda berada di dekat menara ponsel, ini adalah hal buruk karena petir akan datang dan menghantam menara ponsel,” kata Dan Kottlowski, Ahli Meteorologi Senior AccuWeather

Dengan begitu, ketika ada petir menyambar, Kottlowski menyarankan orang untuk berlindung ke tempat yang tertutup, seperti mobil atau gedung.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here