Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalPelonggaran Prokes Tak Berlaku, Bertemu Jokowi Harus Tes PCR dan Gunakan Masker

Pelonggaran Prokes Tak Berlaku, Bertemu Jokowi Harus Tes PCR dan Gunakan Masker

Bogordaily.net – Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, tamu-tamu yang hendak bertemu dengan (Jokowi) masih harus melakukan tes swab PCR.

“Belum ada (perubahan kebijakan) masih harus swab PCR,” kata Heru, dikutip dari CNN.

Selain itu, menurutnya, setiap tamu yang hendak bertemu Jokowi dalam ruangan juga masih harus mengenakan . Hal ini sesuai ketentuan yang sudah disampaikan Jokowi sebelumnya.

“(Harus tetap mengenakan ) dalam ruangan,” imbuhnya.

Jokowi memutuskan untuk melonggarkan penggunaan di tengah kondisi Covid-19 di Indonesia. Salah satunya, masyarakat boleh tak mengenakan apabila sedang beraktivitas di luar ruangan atau berada di area terbuka yang tidak padat orang.

Kendati begitu, Jokowi menekankan bahwa penggunaan tetap berlaku bagi warga yang berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik.

Penggunaan juga tetap berlaku bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

“Demikian juga masyarakat yang alami gejala batuk pilek maka tetap harus menggunakan ketika melakukan aktivitas,” ujar Jokowi kemarin.

Menurut Jokowi, kebijakan pelonggaran tersebut diambil setelah pemerintah mencermati penanganan Covid-19 yang sudah membaik.*

(Muhammad Rizki Maulana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here