Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaBesok Presiden Ukraina Zelensky Sapa Warga Indonesia, Ada Apa?

Besok Presiden Ukraina Zelensky Sapa Warga Indonesia, Ada Apa?

Bogordaily.net– Di tengah perang yang masih terjadi di , Volodymyr Zelensky akan menyapa masyarakat Indonesia secara online, Jumat, 27 Mei 2022 besok. Presiden itu akan hadir dalam forum yang diselenggarakan oleh komunitas hubungan internasional di Indonesia dan Asia Tenggara atau Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

“Kegiatan ini merupakan pertama kalinya bagi Presiden Zelensky menyapa langsung masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara di tengah perang yang berkecamuk antara Rusia dan ,” ujar Pendiri FPCI dalam keterangan tertulis dilansir dari CNN Indonesia, Kamis, 26 Mei 2022.

Menurut Dino, masyarakat Indonesia perlu dengan jelas mengetahui realitas peperangan yang sedang terjadi di .

“Publik forum penting karena pertama kalinya Presiden Zelensky melakukan outreach di luar lingkaran Eropa dan Amerika,” paparnya.

Lebih lanjut Dino berharap apa yang disampaikan Zelensky didengar oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat lainnya di Asia Tenggara. Sebab, kata Dino apa yang terjadi di menimbulkan dampak sistemik baik secara politik dan ekonomi untuk negara-negara di dunia termasuk Indonesia.

“Perang di memang menimbulkan pro-kontra di tanah air. Akan tetapi, publik Indonesia sangat perlu menyadari bahwa invasi Rusia terhadap ini berkaitan langsung dengan prinsip-prinsip yang sakral bagi Indonesia: kemerdekaan, kedaulatan, persatuan nasional, intervensi luar, kemanusiaan dan demokrasi,” jelasnya.

Sementara itu Rusia dan telah mengadakan pembicaraan sporadis sejak Moskow melancarkan invasi pada 24 Februari lalu. Namun, rentetan dialog itu tak membuahkan hasil nyata, terutama soal penghentian invasi hingga akhirnya kedua belah pihak memutuskan menghentikan perundingan.

Zelensky menegaskan tidak mungkin menghentikan perang tanpa melibatkan semacam diplomasi. Di sisi lain, Rusia masih terus menggempur , terlepas dari hujanan sanksi dan boikot internasional.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here