Friday, 26 April 2024
HomeEkonomiBisa Jadi Cuan! Ini Cara Mencairkan Bitcoin Jadi Rupiah

Bisa Jadi Cuan! Ini Cara Mencairkan Bitcoin Jadi Rupiah

Bogordaily.net– Pencairan aset digital tidak dapat dilakukan di sembarang tempat. Meski tidak bisa menjadi alat tukar yang sah, aset kripto masih dapat dicairkan menjadi uang tunai. Namun, investasi dalam atau aset kripto lainnya tidak bisa dicairkan menjadi uang fiat seperti Rupiah. Prinsip cara mencairkan menjadi uang tunai sama seperti emas. Aset kripto dijual sesuai nilainya dalam satuan mata uang yang berlaku saat waktu penjualan. Setelahnya baru uang hasil dari penjualan aset tersebut dapat langsung dikirim ke rekening pemilik. Dikutip dari Detik.com, berikut cara mencairkan atau aset kripto lainnya.

Platform Penukaran Kripto

Pemilik aset atau kripto lainnya dapat mengakses platform penyedia layanan transaksi . Untuk menukarkan jadi Rupiah, cukup mengakses menu penjualan untuk menjual aset kripto sesuai nilai yang berlaku di waktu transaksi. Setelah transaksi berhasil, maka bisa langsung mengirimkan uang hasil penjualan ke rekening bank.

ATM

ATM berbentuk ATM perbankan. Di alat tersebut, dapat membeli dan menjual aset . Bedanya dengan ATM perbankan, ATM Bitcoin tidak diakses dengan kartu debit melainkan dengan cara memindai kode QR untuk terhubung dengan dompet digital tempat pengguna menyimpan aset Bitcoin.

Setelah ATM terhubung dengan platform dompet penyimpanan Bitcoin, maka dapat menjual Bitcoin sesuai jumlah yang diinginkan. Setelah itu, aset di dompet digital akan dikonversi menjadi uang tunai senilai dengan jumlah Bitcoin yang dijual.

Transaksi Peer to Peer

Antar pemilik dompet Bitcoin dapat terhubung melalui jaringan peer to peer yang memungkinkan kedua pihak bertransaksi aset Bitcoinnya. Dalam transaksi peer to peer, menjual aset Bitcoin atau kripto lainnya kepada pembeli yang bersedia membayar dengan harga tertentu. Setelah mereka membayar secara tunai atau transfer ke rekening bank, maka langsung melepas aset Bitcoin ke akun pembeli.

Ttransaksi penjualan Bitcoin atau aset kripto lainnya saat ini dapat dilakukan dengan mudah. Seperti melalui platform Luno Indonesia yang dapat diakses melalui smartphone maupun komputer. Luno Indonesia menyediakan layanan penjualan (trading) Bitcoin secara real time. Pemilik aset dapat langsung mencairkan Bitcoin menjadi uang tunai ke rekening bank.

Sementara itu, meskipun dapat mencairkan bitcoin atau aset kripto lainnya dengan tiga cara ini, kita hanya bisa melakukan transaksi melalui platform atau dompet digital tempat menyimpan aset digital tersebut. Dengan kata lain tidak dapat mencairkan bitcoin atau aset kripto lainnya melalui platform atau dompet digital lain.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here