Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorJaga Tradisi, Bojonggede Gelar Halbil Bertemakan Parade Budaya Lebaran

Jaga Tradisi, Bojonggede Gelar Halbil Bertemakan Parade Budaya Lebaran

Bogordaily.net – Pemerintah Desa (Pemdes) , Kecamatan Kabupaten Bogor menggelar silaturhami akbar (halbil) bertemakan Parade Budaya Lebaran  antara Pemerintah Desa, Muspika Kecamatan dan masyarakat yang digelar di Lapangan Siaga, Senin 16 Mei 2022.

“Acara kali ini adalah rangkaian Lebaran dan sudah menjadi aturan desa di Perdes oleh Lembaga Adat Desa, kami di sini harus mempertahankan, menjaga tradisi yang ada di dengan tujuan awal potensi wisata religi dan wisata ekonomi yang harus kami ke depankan,” kata Dede Malvina kepada wartawan, Senin 16 Mei 2022.

Pemerintah Desa Bojonggede menggelar silaturhami akbar halal bihalal bertemakan Parade Budaya Lebaran di Lapangan Siaga, Senin 16 Mei 2022. (Ruslan/Bogordaily.net)

Dede Malvina mengatakan, acara yang bernama Parade Budaya Lebaran yang terselenggara merupakan keinginan dari warga dan dianggarkan melalui APBDES.

“Masyarakat sangat menginginkan acara ini terlaksana dan ini dianggarkan oleh APBDES melalui hasil bagi pajak dan dianggarkan Rp 20 juta, untuk biaya sewa panggung dan untuk konsumsi semua ditanggung masyarakat,” bebernya.

Terkait kemasan acara, Dede Malvina menegaskan bahwa Parade Budaya Lebaran dijadikan ajang silaturahmi sekaligus menjaga tradisi yang sudah ada.

Parade Budaya Lebaran

“Acaranya dikemas dalam bentuk tradisi adat dan budaya. Tadi tradisinya pawai membawa dongdang beserta pakaian adat betawi dan sunda serta makanan asli . Ini kegiatan pertama kalinya. Untuk satu RW dimodalin Rp 500 ribu saja, peserta pawai 24 RW,” ungkapnya.*

(Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here