Thursday, 16 May 2024
HomeNasionalBPJS Jadi Syarat Urus SIM, Berikut Waktu Pelaksanaan dan Mekanismenya

BPJS Jadi Syarat Urus SIM, Berikut Waktu Pelaksanaan dan Mekanismenya

Bogordaily.net– Kartu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial () Kesehatan digunakan sebagai syarat dalam pelayanan publik. Persyaratan tersebut salah satunya adalah untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM). Seperti apa aturan jadi syarat urus SIM?

Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang disahkan pada 6 Januari 2022. Selain sebagai persyaratan mengurus SIM, seperti dilansir dari Suara.com, kepesertaan Kesehatan ini juga berfungsi sebagai pendaftaran pelaksanaan ibadah haji dan umrah, mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan jual beli tanah.

Meski aturan tersebut telah disahkan, kebijakan mengurus SIM dengan persyaratan Ketenagakerjaan ini belum berlaku. Sebab, pemberlakuan Kesehatan sebagai syarat untuk pelayanan publik masih harus menetapkan regulasi yang ada.

Regulasi tersebut merupakan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM guna menambahkan poin persyaratan Kesehatan. Sembari menunggu regulasi tersebut telah selesai, masyarakat dapat segera mengurus pendaftaran anggota Kesehatan secara online.

Pendaftaran Kesehatan dapat dilakukan secara online untuk memudahkan calon peserta Kesehatan. Masyarakat tidak perlu lagi datang menuju kantor Kesehatan dan hanya perlu mengakses melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui App Store dan Play Store.

Calon peserta diharuskan menyiapkan beberapa persyaratan untuk mendaftar BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN yakni alamat email, nomor hp, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan Kartu Keluarga (KK). Setelah itu ikuti prosedur mendaftar BPJS Kesehatan secara online berikut ini.

 

Buka aplikasi Mobile JKN dan pilih “Daftar”

Setelah itu pilih “Pendaftaran Peserta Baru”

Baca seluruh ketentuan pada pendaftaran dan jika sudah pilih “Setuju”

Masukkan data diri yang dibutuhkan yakni NIK pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setelah itu akan muncul secara otomatis daftar data keluarga dan calon peserta BPJS Kesehatan

Isi data diri dan pilih “Selanjutnya”

Pilihlah fasilitas kesehatan (faskes) yang diinginkan

Masukkan alamat email aktif dan kode verifikasi akan dikirimkan langsung melalui alamat email

Salin kode verifikasi ke aplikasi Mobile JKN

Peserta akan mendapatkan nomor virtual account untuk melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui e-commerce, mobile banking, kantor pos, minimarket dan ATM

Masyarakat diharuskan membayar iuran BPJS Kesehatan paling lama tanggal 10 di setiap bulannya. Besaran iuran BPJS Kesehatan untuk kelas 1 sebesar Rp 150.000, kelas II sebesar Rp 100.000 dan kelas III sebesar Rp 35.000.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here