Cara Berenang di Sungai Agar Tak Terseret Arus seperti Anak Ridwan Kamil

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Turun Hari Ini, Cek Harganya! Kecelakaan, Dua Pengendara Motor Terjatuh dari Flyover Pademangan Cara Beli Tiket Kereta Promo KAI 17 Agustus 2022 Cek Lokasi Sim Keliling, Senin 8 Agustus 2022 Ramalan Cuaca Kota Bogor Hari Ini, Senin 8 Agustus 2022

TERKINI ยท 27 Mei 2022 16:47 WIB

Cara Berenang di Sungai Agar Tak Terseret Arus seperti Anak Ridwan Kamil


 ilustrasi berenang (suara.com) Perbesar

ilustrasi berenang (suara.com)

Bogordaily.net – Cara berenang di sungai agar tak terseret arus seperti anak Ridwan Kamil penting untuk diketahui. Peristiwa terseretnya seseorang saat berenang di sungai sudah sering terjadi.

Seperti yang terjadi dalam peristwa yang menimpa anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yanag hilang terseret arus sungai Aare, Swiss yang cukup deras ketika hendak naik ke permukaan, pada Kamis 26 Mei 2022.

Sebelum hanyut dan hilang, Eril, anak Ridwan Kamil sempat ditolong oleh temannya dengan cara ditarik tangannya. Tetapi, Eril kembali terbawa arus dan dinyatakan hilang beberapa saat kemudian.

Sejumlah orang mungkin senang berenang di alam bebas, misalnya di sungai seperti yang dilakukan oleh anak Ridwan Kamil.

Melansir suara.com, Adhi Nugroho, Pelatih Safety Rescue Renang mengatakan bahwa berenang di kolam renang dan di sungai itu sangat berbeda.

Ia menyarankan orang yang tidak bisa berenang, lebih baik tidak berenang di sungai, laut atau semacamnya.

Sebab, ada banyak hal yang harus diperhatikan seseorang sebelum berenang di sungai, seperti aliran arus sungai, titik masuk dan keluar ketika akan menepi dan karakter sungai lainnya.

Apalagi, sungai di Indonesia yang tergolong memiliki arus lebih deras, banyak bebatuan dan terkadang ada pohon tumbang.

Adhi mengatakan orang yang sudah handal berenang pun bisa saja terseret arus sungai di Indonesi, terlebih orang yang tidak bisa berenang.

Adhi mengatakan sebenarnya ada satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tubuh terseret arus sungai, salah satunya menggunakan pelampung tali.

Seseorang bisa menggunakan pelampung tali ini ketika berenang di sungai untuk berjaga-jaga ketika tubuh terhanyut oleh arus sungai.

Tapi, Adhi mengingatkan bahwa pelampung tali ini hanya untuk orang yang memang pandai berenang. Bukan berarti orang yang belum bisa berenang dapat menggunakan pelampung tali untuk berenang di sungai.

“Pelampung ini memang khusus bagi orang yang bisa berenang. Talinya bisa diikatkan di tubuh tanpa menghalangi kita berenang. Jadi, kita masih bisa berenang bebas,” kata Adhi Jumat 27 Mei 2022. ***

Artikel ini telah dibaca 300 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Bharada E Beberkan Nama-nama Polisi yang Diduga Terlibat

7 Agustus 2022 - 17:40 WIB

Catat! Jadwal Siaran Langsung MotoGP Inggris 2022

7 Agustus 2022 - 17:28 WIB

MotoGP Belanda 2022

5 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada Rinjani Didalamnya

6 Agustus 2022 - 10:35 WIB

gunung tertinggi

Wajib Tahu! 3 Hal Penting Sebelum Rafting!

5 Agustus 2022 - 15:19 WIB

Hap! BNNK Bogor Ungkap 10 Kasus Narkotika Selama Januari-Juli 2022

5 Agustus 2022 - 14:20 WIB

Travelling ke Sumenep, Menuju Desa Wisata dengan Empu Keris Terbanyak di Dunia

4 Agustus 2022 - 15:05 WIB

Trending di Travelling