Friday, 3 May 2024
HomeBeritaCara Mengatasi Anak Susah BAB, Ini yang Harus Dilakukan

Cara Mengatasi Anak Susah BAB, Ini yang Harus Dilakukan

Bogordaily.net– Susah buang air besar (BAB) atau pada anak bisa membuat orangtua khawatir. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun jangan khawatir, sebab terdapat beberapa anak susah BAB.

merupakan masalah yang umum terjadi pada anak. Ketika anak , mereka akan kesulitan untuk mengeluarkan fesesnya, bahkan terkadang sampai merasa kesakitan.

Sebagian besar kasus anak susah BAB hanya bersifat sementara dan bukan masalah yang serius. Namun, pada beberapa kasus tertentu, kondisi ini kadang menjadi indikasi adanya masalah serius atau menyebabkan komplikasi.

Berikut adalah beberapa anak susah BAB yang dapat Anda lakukan.

1. Mendapat cukup cairan

pada anak adalah dengan mendapat cukup cairan. Ketika terkena , anak harus mendapat cairan yang cukup agar pencernaannya dapat bekerja dengan baik untuk mengeluarkan feses.

Anak berusia 1-3 tahun membutuhkan 5 gelas air putih setiap harinya, anak berusia 4-8 tahun membutuhkan sekitar 6-7 gelas, sedangkan anak berusia 9 tahun ke atas membutuhkan 8-10 gelas. Kurang minum bisa memperburuk kondisi anak.

2. Minum jus buah

Agar BAB anak lancar dan tidak keras, Anda bisa memberikan jus buah. Sebab, minuman ini umumnya mengandung pemanis sorbitol yang dapat berfungsi sebagai pencahar.

Jus apel, jus prune, atau jus pir merupakan pilihan yang tepat. Namun, jangan memberikan berbagai jus ini secara berlebihan.

3. Mengonsumsi makanan berserat

susah BAB pada anak juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan berserat.

Untuk mengatasi anak susah BAB, tambahkan lebih banyak asupan yang mengandung serat dalam makanan anak, baik buah, sayur, sereal berserat tinggi, kacang-kacangan, maupun biji-bijian.

Makanan berserat tinggi penting untuk memperlancar BAB anak.

4. Hindari makanan cepat saji

Menghindari makanan cepat saji termasuk cara mengatasi anak susah buang air besar.

Pastikan anak tidak mengonsumsi makanan cepat saji dan junk food karena dapat memperlambat pencernaan sehingga memperburuk masalah sembelitnya.

Jauhkan mereka dari kentang goreng, hamburger, gorengan, keripik kentang, dan lainnya.

5. Menggunakan obat pencahar

Selanjutnya, cara mengatasi pada anak yang dinilai efektif adalah mengonsumsi obat pencahar.

Jika penumpukan feses menyebabkan penyumbatan, dokter dapat meresepkan obat pencahar untuk anak guna membantu menghilangkan penyumbatan tersebut.

Akan tetapi, jangan memberikan obat pencahar pada anak tanpa persetujuan dari dokter dan petunjuk dosis yang tepat.

6. Memijat perut anak dengan lembut

Memijat perut anak dengan lembut dapat membantu merelaksasi otot-otot yang menopang kandung kemih dan usus sehingga meningkatkan aktivitas usus dan mendorongnya buang air besar.

Balurkan baby oil pada perut anak, kemudian pijat searah jarum jam menggunakan ujung jari. Gerakan pijat dimulai dari bagian kanan bawah perut, kemudian ke bagian tengah atas, turun ke bawah sisi kiri perut, dan ke bagian tengah bawah perut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here