Wednesday, 26 June 2024
HomeBeritaCara Mengatasi Mata Lelah, Jangan Dikucek Ya!

Cara Mengatasi Mata Lelah, Jangan Dikucek Ya!

Bogordaily.net– Mata bisa lelah jika digunakan secara terus-menerus tanpa istirahat. Mungkin terlihat sepele dan biasa diabaikan. Padahal jika dibiarkan terus maka akan berpotensi untuk menjadi masalah yang serius. Mata lelah bisa disebabkan karena terlalu lama menatap layar, kurang tidur, alergi, atau karena faktor lainnya. Mata lelah jika dibiarkan maka akan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, karena menimbulkan rasa yang kurang nyaman. Melansir Your Say Suara.com dari All About Vision berikut cara mengatasi mata lelah.

Mengistirahatkan mata sejenak dari paparan layar elektronik

Paparan cahaya yang berasal dari layar TV, komputer, dan ponsel dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Untuk itu, saat kamu menggunakan alat elektronik tersebut ada baiknya selalu mengistirahatkan ,mata setiap 20 menit sekali selama 20 detik. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan pada otot kecil di mata untuk rileks sejenak.

Jaga mata untuk tetap terhidrasi

Salah satu penyebab lainnya adalah mata kering. Mata kering bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti, terlalu banyak menatap layar digital, pengaruh obat-obatan tertentu, dan faktor usia. Jika mata lelah karena terlalu sering menatap layar digital, maka sering-seringlah berkedip untuk membasahi mata. Selain itu, untuk menjaga mata agar tetap terhidrasi, kamu bisa melakukannya dengan minum banyak air putih.

Kompres mata dengan air hangat

Mengatasi mata lelah bisa juga dengan merendam waslap atau handuk kecil ke dalam air hangat, kemudian memerasnya lalu menaruhnya di atas mata selama 5-10 menit. Namun, sebelum melakukannya perlu mencuci tangan dulu secara bersih, untuk menghindari bakteri lain masuk pada mata. Mengompres mata dengan air hangat, dapat meningkatkan kelembaban pada mata, meringankan rasa sakit yang ditimbulkan akibat mata lelah, meningkatkan aliran darah, serta merelaksasi kejang pada otot mata.

Menggunakan obat tetes mata

Banyak obat tetes mata yang kini dijual secara bebas ataupun diresepkan untuk meredakan gejala mata kering dan lelah. Bahkan, obat tetes mata ini bisa digunakan walaupun mata sedang dalam keadaan baik-baik saja, untuk menjaganya tetap lembab dan menghindari terjadinya mata kering.

Menggunakan kantung teh celup

Selain untuk membuat teh, kantong teh celup juga bisa digunakan sebagai kompres mata.  Dapat melakukannya dengan menyeduh kantong teh celup terlebih dulu, kemudian ambil kantong teh celup tersebut dan taruh ke dalam wadah bersih, kemudian masukkan ke dalam lemari es. Setelah cukup dingin, gunakan sebagai kompres pada mata untuk mendapatkan efek yang lebih menenangkan pada mata.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here