Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiCara Mengatur Gaji 3 Juta Cukup untuk Satu Bulan

Cara Mengatur Gaji 3 Juta Cukup untuk Satu Bulan

Bogordaily.net – sebesar apa pun tidak akan pernah cukup jika tidak bisa mengontrol dan mengendalikannya. Itulah kalimat bijak yang kerap disampaikan orang tua dulu. Dalam hidup itu harus bisa mengatur sebesar apa pun atau sebaliknya, sekecil apa pun.

Bagi yang bergaji kecil bukan berarti Anda tidak bisa berhemat dan bertahap hingga akhir bulan. Jika cara mengendalikannya benar mengatur gaji 3 juta pun bisa diakali dengan berbagai caranya.

Berikut akan dijabarkan bagaimana cara yang tepat mengatur 3 juta cukup untuk satu bulan.

Cara mengatur 3 juta agar bisa hemat dan bisa tetap menabung mungkin terdengar sangat sulit, apalagi jika Anda tinggal di kota besar dengan biaya yang tinggi.

Dengan yang hanya 3 juta setiap bulannya banyak orang merasa tidak bisa menabung. Padahal dengan pengaturan keuangan yang tepat maka 3 juta setiap bulannya ini bisa Anda sisihkan untuk ditabung bahkan bisa digunakan untuk membeli rumah. Nah, dalam pembahasan kali ini akan diberikan cara mengatur 3 juta agar bisa hemat.

Manajemen keuangan yang baik dengan 3 juta bisa dilakukan dengan mengikuti tahapan atau langkah-langkah cara mengatur 3 juta agar bisa tetap hemat berikut ini:

Tentukan terlebih dahulu tujuan keuangan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatur 3 juta agar bisa hemat adalah dengan menentukan terlebih dahulu tujuan keuangan Anda saat ini. Tujuan keuangan yang dimaksud adalah tujuan jangka panjang keuangan Anda, apakah akan dijadikan sebagai modal menikah atau ingin membeli sebuah rumah. Dengan tujuan keuangan yang jelas, maka Anda bisa melakukan penghematan dan pengaturan keuangan dengan mudah.

Buat budget bulanan

Cara mengelola gaji 3 juta per bulan juga bisa dilakukan dengan membuat budget bulanan. Budget bulanan ini merupakan perencanaan pengeluaran bulanan yang akan dilakukan. Anda bisa mendaftar semua kebutuhan pokok Anda setiap bulannya dan perkirakan pula uang yang harus dikeluarkan. Dengan cara ini, Anda bisa menentukan mana pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihilangkan sehingga membuat Anda menjadi lebih hemat.

Buat tabungan tanpa ATM

Untuk Anda yang merasa sudah menyisihkan gaji 3 juta yang Anda terima setiap bulannya untuk ditabung tapi tetap saja tidak bisa mengontrol pengeluaran, cobalah untuk membuat tabungan tanpa ATM. Tabungan tanpa ATM ini dapat membuat Anda lebih hemat, hal ini dikarenakan jika Anda ingin mengambil uang tabungan Anda maka Anda harus ke bank. Dengan demikian Anda bisa membuat pengeluaran Anda menjadi lebih hemat.

Sisihkan untuk dana darurat

Jangan lupa dalam mengatur keuangan dengan gaji sekitar 3 juta setiap bulannya, Anda perlu menyisihkan sedikit dana untuk dana darurat. Dana darurat ini merupakan dana cadangan yang bis Anda gunakan ketika dalam keadaan darurat. Misalnya saja Anda mendadak sakit dan butuh untuk berobat, maka Anda bisa menggunakan dana darurat ini sebagai dana untuk berobat. Besarnya dana darurat ini bisa disesuaikan dengan pengeluaran dan kebutuhan bulanan Anda. Jika dana darurat tidak terpakai maka Anda bisa menabungnya.

Dengan 4 langkah cara mengatur gaji 3 juta diatas maka gaji 3 juta yang Anda terima setiap bulannya tidak akan habis karena hal yang tidak penting.

Perencanaan keuangan ini memang sangat penting bagi setiap orang terlebih lagi jika Anda sudah berumah tangga. Dengan perencanaan keuangan yang matang, maka Anda dan keluarga tidak akan merasa kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhan pokok setiap harinya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here