Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorCatat! Jadwal Masuk Sekolah SD, SMP, SMA di Bogor

Catat! Jadwal Masuk Sekolah SD, SMP, SMA di Bogor

Bogordaily.net – Libur telah usai. Pemerintah telah mengumumkan jadwal SD, SMP, SMA setelah libur panjang Idul Fitri 2022.

Para orang tua pun kini sudah mulai mempersiapkan hari pertama anak-anak mereka ke . Sebagian lagi justru masih ada yang dalam perjalanan balik setelah selesai mudik.

Jadwal itu sudah dirilis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan resmi memperpanjang masa libur siswa SD, SMP, dan SMA selama tiga hari.

Adapun perpanjangan masa libur sekolah tersebut terjadi wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Kapan siswa SD, SMP, SMA ? Libur sekolah yang awalnya banyak sampai Minggu, 8 Mei 2022 diperpanjang menjadi Rabu, 11 Mei 2022. Perpanjangan masa libur sekolah diwilayah tersebut merupakan upaya pemerintah dalam menangani kemacetan yang terjadi pada arus mudik lebaran 2022.

Perpanjangan masa libur sekolah ini telah ditetapkan melalui surat keputusan kepala dinas pendidikan di wilayah sekolah masing-masing. Berikut ini jadwal siswa SD, SMP dan SMA di beberapa wilayah yang telah ditetapkan untuk menjawab pertanyaan kapan siswa SD, SMP, SMA .

1. Jadwal Siswa SD, SMP dan SMA di DKI Jakarta

Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menetapkan masa libur sekolah pada Lebaran 2022 berakhir hingga Rabu (11/5/2022). Siswa SD, SMP dan SMA masuk kembali pada Kamis (12/5/2022). Hal ini ditetapkan sesuai surat pemberitahuan nomor: 13504/-1.851 yang ditandatangani pada 20 Januari 2022.

Jadwal libur sekolah selama Lebaran 2022 dapat dilihat pada Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022 bagi siswa PAUD, TKLB, SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK. Dalam kalender tersebut, diketahui libur sebelum Idul Fitri berlangsung selama tiga hari dan dan enam hari usai Lebaran tiba.

2. Jadwal SD, SMP dan SMA di Jawa Barat

Dilansir dari laman Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, siswa SD, SMP dan SMA jenjang pendidikan formal dan non formal masuk kembali pada Kamis (12/5/2022). Sebelumnya siswa akan masuk pada Rabu (11/5/2022) untuk siswa SMA/SMK dan Senin (9/5/2022) untuk siswa SD-SMP.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Dedi Supandi menyampaikan jadwal yang ditetapkan sesuai dengan imbauan Presiden Jokowi dan arahan Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen. Tujuan perpanjangan libur sekolah ini demi menghindari kemacetan arus balik mudik Lebaran.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Nomor 7662/PK.02.01.05/PSMA yang ditetapkan Tanggal 14 Juni 2021 tentang Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2021/2022. Sebagai Acuan Teknis Kegiatan Pembelajaran di Satuan Pendidikan.

3. Jadwal SD, SMP dan SMA di Banten

Dikutip dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, pemerintah setempat telah memperpanjang masa libur sekolah usai Lebaran 2022. Jadwal masuk SMA-SMK menjadi hari Kamis, 12 Mei 2022.

Menurut beberapa pantauan lalu lintas, arus balik akan terjadi pada minggu kedua bulan Mei. Oleh karena itu, pemerintah mengantisipasi terjadi kepadatan kendaraan dengan menambah masa libur sekolah dibeberapa kota besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here