Friday, 19 April 2024
HomePolitikCegah Pilpres 2024 Diikuti 2 Pasang Calon, PAN Ajak PKS Gabung KIB

Cegah Pilpres 2024 Diikuti 2 Pasang Calon, PAN Ajak PKS Gabung KIB

Bogordaily.net (KIB) digagas Golkar, dan PPP. Ketiga parpol ini pun tampaknya terus menambah kekuatan jelang dengan mengajak partai lain untuk gabung.

Seperti yang dilakukan Ketua Umum Zulkifli Hasan. Ia mengajak gabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu. Hal ini dilakukan agar Pilpres 2024 mendatang tidak hanya menghadirkan dua pasangan calon seperti dua Pilpres sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan Zulkifli Hasan saat memberikan sambutan dalam Milad ke-20 Partai Keadilan Sejahtera () di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 29 Mei 2022.

Awalnya Zulkifli Hasan mengatakan, sudah punya titik tengah dan jalan tengah yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Menurutnya, hal itu yang menyatukan semua sebagai bangsa.

Ia mengatakan, akhir-akhir ini justru bangsa Indonesia sedang pengap, salah satu penyebabnya karena pada Pilpres 2014 dan 2019 terakhir hanya memunculkan dua pasangan calon saja.

“Karena Pilpres cuma dua pasang, masing-masing pendukung mati-matian membela kandidatnya dan meniadakan kandidat yang lain,” ujar Zulhas dikutip dari Suara.com.

Zulhas menjelaskan mengapa Golkar, dan PPP menghadirkan Koalisi Indonesia Bersatu. Ia pun lantas berharap juga bisa gabung bersama dengan Koalisi Indonesia Bersatu atau paling tidak membentuk koalisi lain agar tak memunculkan dua paslon pada Pilpres 2024.

“Kami mencoba, Pak Anies, Cak Imin, mudah-mudahan kita bisa bareng-bareng ya, Pak Sandi, kami Golkar dan PPP mencoba membuat Koalisi Indonesia Bersatu ya itu coba. Maksudnya mudah-mudahan bisa bersama-bersama, maksudnya itu jangan dua lagi, calonnya jangan dua lagi Pilpres besok,” jelasnya

Wakil Ketua MPR RI ini menyebut, setidaknya Pilpres 2024 bisa menghadirkan 3 pasangan calon. Hal itu dilakukan untuk mencegah hal-hal tidak produktif terjadi.

“Paling kurang mengurangi apa yang kita alami akhir-akhir ini, atmosfer yang pengap dan tidak produktif itu,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here