Friday, 26 April 2024
HomeBeritaCeko Gantikan Keanggotaan Rusia di Dewan HAM PBB

Ceko Gantikan Keanggotaan Rusia di Dewan HAM PBB

Bogordaily.net– Republik dipilih Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa () sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia . Ceko menggantikan Rusia yang statusnya ditangguhkan karena invasi ke Ukraina.

Rusia memasuki tahun kedua dari total tiga tahun keanggotaan di Dewan HAM yang rutin diganti tersebut. Republik Ceko akan menyelesaikan masa jabatan Rusia di dewan tersebut.

Dikutip dari CNN Indonesia dari Reuters, Republik Ceko terpilih dengan 157 suara yang mendukung, sementara 23 negara abstain. Keanggotaan Prague di dewan tersebut resmi dimulai sejak pemungutan suara itu diputuskan pada Selasa, 10 Mei 2022 lalu.

Dewan Hak Asasi Manusia akan menggelar sidang khusus soal situasi di Ukraina pada Kamis 12 Mei 2022. Rapat tersebut digelar setelah Kyiv menyerukan peninjauan kembali situasi di sana, termasuk laporan korban massal di Mariupol.

Dewan HAM beranggotakan 47 negara yang masing-masing memiliki masa jabatan selama 3 tahun. Meski tidak dapat menerapkan kebijakan dan resolusi yang mengikat secara hukum, keputusan Dewan HAM memiliki nilai tawar dan bobot politik yang signifikan untuk mendorong penyelidikan soal dugaan pelanggaran HAM.

Amerika Serikat memimpin dorongan langka untuk menendang Rusia dari keanggotaan Dewan HAM sebagai konsekuensi dari invasinya ke Ukraina.

Inisiatif tersebut didukung Majelis Umum yang memberikan suara mayoritas menangguhkan keanggotaan Rusia di dewan tersebut. Tak lama setelah jajak pendapat berlangsung, Rusia mengecam resolusi Majelis Umum dan memutuskan keluar dari Dewan HAM .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here