Friday, 29 March 2024
HomeBeritaChina Pecat Kepala Kesehatan Kota Gegara Kasus Covid 'Meledak'

China Pecat Kepala Kesehatan Kota Gegara Kasus Covid ‘Meledak’

Bogordaily.net– Kasus Covid-19 di terus melonjak. Pemerintah pun mengambil langkah pemecatan terhadap Kepala Kesehatan Beijing, Yu Luming, Rabu, 25 Mei 2022.

Ratusan kasus Covid-19 varian Omciron dilaporkan terjadi dalam sepekan terakhir.

Laporan Xinhua seperti dikutip CNN Indonesia dari AFP menyebut jumlah tersebut merupakan yang terbesar di Beijing sejak awal pandemi.

Angka itu kemungkinan bakal terus naik meski melakukan kebijakan ketat nol-Covid.

Pemerintah kota telah memerintahkan jutaan warga Beijing untuk bekerja dari rumah. Selain itu transportasi publik seperti bus dan layanan kereta bawah tanah diliburkan selama kasus meningkat di Beijing. Bahkan tempat-tempat umum seperti taman, restoran, sekolah, dan toko-toko harus tutup di Beijing.

“Yu dianggap melakukan pelanggaran disiplin dan aturan terkait penanganan Covid-19 dan tengah menjalani tinjauan dan investigasi,” demikian tulis Xinhua.

Media lainnya juga melaporkan, Wakil Wali Kota Beijing, Wang Hong, mengundurkan diri setelah Covid terus mengalami peningkatan.

Hingga kini masih menjalankan penerapan lockdown ketat dalam kebijakan nol-Covid selama pandemi.Pemerintah pusat juga sudah banyak memecat para kepala daerah yang dinilai gagal menegah ‘ledakan' kasus Covid di sejumlah daerah dan kota.

Sementara itu tak hanya , Korea Utara juga tengah dilanda gelombang tinggi kasus Covid-19. Dilaporkan lebih dari 1,2 juta warga diduga suspek Covid-19 di tengah penyebaran virus di negara yang dipimpin Kim Jong-un itu. Di tengah lonjakan kasus corona, harga obat-obatan herbal yang tak berkaitan dengan Covid-19 ikut meroket dua kali lipat hingga lebih.

Seorang penduduk di Provinsi Pyongan Utara mengatakan semua obat flu yang diproduksi telah hilang. Harga obat-obatan herbal yang tidak terkait dengan pengobatan Covid-19 melonjak tajam.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here