Golkar PAN PPP Bangun Koalisi Indonesia Bersatu

Menu

Mode Gelap
Geger! Instagram Mendiang Vanessa Angel Mendadak Hilang Tok! Lin Che Wei Resmi Jadi Tersangka Kasus Mafia Minyak Goreng Jangan Telat, Yuk Daftar Gelombang 3 TA 2022/2023 Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor! Presiden Jokowi Beri Bantuan untuk Warga dan PKL di Pasar Cibinong Asyik! Mulai Hari Ini, Jokowi Izinkan Buka Masker di Ruang Terbuka

Politik · 13 Mei 2022 21:26 WIB

Ciye… Kompak Bikin Koalisi Indonesia Bersatu, Golkar, PAN dan PPP Lakukan Hal Ini


 Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa menyatakan berkoalisi menjelang Pemilu 2024 mendatang usai pertemuan di Rumah Heritage Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022 malam. (Bagaskara/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa menyatakan berkoalisi menjelang Pemilu 2024 mendatang usai pertemuan di Rumah Heritage Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022 malam. (Bagaskara/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Pertemuan tiga pimpinan partai yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa membuahkan hasil koalisi. Mereka secara terang-terangan menyatakan sikap berkoalisi untuk menghadapi Pemilu 2024, khususnya Pilpres. Bahkan ketiganya sudah memberi nama Koalisi Indonesia Bersatu.

“Ketiga partai politik telah memiliki pengalaman dalam pemerintah dan dalam dinamika politik bangsa. Dengan visi partai yang dimilikinya dan berbagai pengalaman politik, kesemuanya bersepakat untuk menyatukan diri membangun koalisi yang disebut Koalisi Indonesia Bersatu,” kata Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan yang dilansir dari Suara.com, Jumat, 13 Mei 2022.

Meski Pemilu 2024 masih dua tahun lagi, kata Ace, komitmen kerjasama tersebut mengisyaratkan adanya keseriusan untuk membangun platform, gagasan dan ide yang disepakati bersama dalam perjuangan melanjutkan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Menurut Ace, dua Pilpres terakhir menyisakan trauma yang mendalam. Pembelahan sosial, polarisasi yang tidak kunjung sembuh meskipun pemilu sudah usai.

“Tiga partai yang berkumpul sepakat bahwa dalam Pemilu 2024 nanti kita tidak boleh terjebak pada hal yang sama. Kami ingin pemilu menjadi ajang kontestasi ide, gagasan, track record, dan prestasi. Kesempatan untuk saling membuktikan diri mana yang terbaik di antara para peserta kontestasi,” jelasnya.

Ketiga partai politik tersebut lanjut Ace, menjadikan Indonesia yang lebih makmur dan lebih maju di masa depan. Jika nanti ada persaiangan, maka bentuknya harus friendly competition.

Adapun pun Ace mengungkapkan, mengapa tiga parpol tersebut menghasilkan nama Koalisi Indonesia Bersatu.

“Kalau dilihat-lihat sepintas lalu, kata bersatu itu juga merupakan gabungan dari simbol-simbol kami bertiga. BERingin lambangnya Golkar, SuryA (Matahari) Lambangnya PAN, dan BaiTUllah (Kakbah) Lambangnya PPP,” tuturnya.

“Jadilah kalau digabung menjadi Indonesia Bersatu. Filosofinya, sebuah harapan, menjadi sebuah koalisi yang berdiri kokoh, tumbuh kuat dan besar berkat sinar matahari, dan mendapatkan ridlo Allah SWT,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa bertemu di Rumah Heritage Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022 malam.

Usai pertemuan, Airlangga Hartarto, mengatakan pertemuan memang dilakukan sekalian untuk bersilaturami Idulfitri. Namun dalam pertemuan ini memang untuk mendorong ketiga parpol tersebut bekerja sama.

“Pertemuan ini agar mendorong bahwa 3 partai ini akan bekerja bersama atau akan bersatu. Bersatu itu sendiri adalah beringin, matahari, dan Baitullah, jadi Ka’bah. Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tunbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT,” jelas Airlangga.

Ketiga parpol tersebut diakuinya, ingin membangun budaya politik baru, yang mana budaya politik baru itu dijalankan dengan kerja sama yang berjenjang dan bertahap.  Menurutnya, hal ini juga dianggap baik untuk mendukung program yang dilakukan oleh pemerintahan hari ini.

“Pertemuan ini juga menimbulkan pengalaman dari partai politik, termasuk juga PAN juga sangat berpengalaman di DPR maupun di MPR,” jelasnya.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Bikin Koalisi Indonesia Bersatu, Airlangga Minta Partai Golkar di Daerah Lakukan Ini

18 Mei 2022 - 19:17 WIB

Perludem Desak KPU Tetapkan PKPU Jadwal Pemilu 2024

18 Mei 2022 - 18:18 WIB

PKPU

Yuk, Ketahui! Perbedaan Partai Pengusung dan Partai Pendukung pada Pemilu

18 Mei 2022 - 16:14 WIB

E-voting

Syarat Lolos Dalam Parpol 2024 Bagi Peserta Pemilu

18 Mei 2022 - 10:02 WIB

PKPU

Heru Budi Dijagokan untuk Gantikan Anies: Aduh, Belum Kepikiran

17 Mei 2022 - 21:34 WIB

Walikota Depok Idris Abdul Somad Digoyang Hak Interpelasi

17 Mei 2022 - 15:08 WIB

Trending di Politik