Friday, 26 April 2024
HomeKulinerDeretan Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak, Ada Karedok dan Empal Gentong

Deretan Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak, Ada Karedok dan Empal Gentong

Bogordaily.net– yang mayoritas ditinggali masyarakat Suku Sunda ini dikenal memiliki berbagai yang unik dan menggugah selera. Jika berada di , tak ada salahnya untuk menikmati beberapa di antara daftar Jawa Barat yang lezat. Dilansir Suara.com, berikut deretan Jawa Barat yang dijamin bikin nagih.

Karedok

Karedok yang berbahan dasar sayuran mentah sekilas mirip dengan lotek yang disiram bumbu kacang. Sayuran mentah terdiri dari potongan kacang panjang, kol, tauge, mentimun, terong bulat hijau, dan kemangi. Tambahan potongan tahu goreng, emping, kerupuk, dan siraman bumbu kacang yang gurih jadi racikan sempurna dari karedok.

Angeun Kacang

Angeun kacang merupakan sup kacang merah, dari Jawa Barat. Dibuat dari kacang merah yang direbus bersama dengan rempah-rempah yang menguatkan cita rasa sedapnya. Tumisan bawang merah dan putih semakin menyedapkan cita rasa sup kacang merah. Cita rasa gurih, sedikit asam, dan pedas berhasil menggoyang lidah para penikmatnya. Angeun kacang dengan kuah yang segar cocok disantap bersama nasi hangat, sambal, dan lauk lainnya.

Empal Gentong

Cirebon memiliki salah satu yang terkenal, yaitu Empal Gentong. Selain karena kelezatannya, ini mengandung nilai sejarah dan kerukunan beragama. Sekilas empal gentong mirip dengan daging berkuah, tetapi media masaknya menggunakan gentong dan kayu asam untuk membakar. Daging yang direbus dengan aneka rempah  dan santan menghasilkan cita rasa tak terlupakan. Untuk rasa pedas, empal gentong menggunakan sambal kering yang menggugah.

Empal Gentong. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)

Mata Lembu

Wilayah Pesisir Jawa Barat, Cianjur dan Garut bagian Selatan, memiliki yang tidak boleh dilewatkan. Di sini ada makanan bernama Mata Lembu, yang merupakan hewan laut yang mirip dengan keong sawah namun lebih besar. Mata Lembu memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa gurih alami khas laut. Tanpa ada rasa amis yang berlebihan, mata lembu cocok diolah dengan bumbu pedas. Sebagian mata lembu juga ditambah petai untuk menambah kenikmatan.

Ubi Cilembu

Ubi Cilembu dikenal sebagai buah tangan yang berasal dari Sumedang. Ubi cilembu merupakan ubi jalar yang memiliki cita rasa manis. Jika ke Sumedang, Anda akan menemukan banyak penjual yang menawarkan ubi cilembu. Cara paling pas menikmati ubi cilembu adalah dengan dipanggang untuk menjaga rasa manisnya. Ada pula olahan keripik ubi cilembu dengan rasa manis, biasanya dicampur dengan bumbu rujak yang menggoda. Di pusat perbelanjaan, Anda juga bisa menemukan olahan cake dari ubi cilembu. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here