Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaDuh, Perdana Menteri Sri Lanka Umumkan Ancaman Kekurangan Pangan

Duh, Perdana Menteri Sri Lanka Umumkan Ancaman Kekurangan Pangan

Bogordaily.net– Di tengah yang masih terjadi di , Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe memperingatkan ancaman kekurangan pangan.

Pihaknya berjanji akan membeli cukup pupuk untuk musim tanam berikutnya guna meningkatkan panen.

“Meskipun mungkin tidak ada waktu untuk mendapatkan pupuk untuk musim Yala (Mei-Agustus) ini, langkah-langkah sedang diambil untuk memastikan stok yang cukup untuk musim Maha (September-Maret),” kata Wickremesinghe dalam sebuah pesan di Twitter sebagaimana dilansir Antara dari Reuters.

“Saya dengan sungguh-sungguh mendesak semua orang untuk menerima gawatnya situasi,” imbuhnya.

Sementara itu Keputusan Presiden Gotabaya Rajapaksa pada April tahun lalu untuk melarang semua pupuk kimia secara drastis mengurangi hasil panen, dan meskipun pemerintah telah membatalkan larangan tersebut, tidak ada impor substansial yang dilakukan.

Rajapaksa menunjuk sembilan anggota baru ke kabinet termasuk kementerian kesehatan, perdagangan, dan pariwisata. Namun, dia tidak menyebutkan seorang menteri keuangan dan portofolio tersebut kemungkinan akan dipertahankan oleh Wickremesinghe.

bergantung pada pariwisata menghadapi kekurangan devisa, bahan bakar, dan obat-obatan. Kegiatan ekonomi melambat bahkan merangkak.

“Tidak ada gunanya berbicara tentang betapa sulitnya hidup ini,” kata A.P.D. Sumanavathi, wanita berusia 60 tahun yang menjual buah dan sayuran di pasar Pettah di Colombo.

Di dekatnya, antrean panjang terbentuk di depan sebuah toko yang menjual tabung gas untuk memasak, yang harganya melonjak hingga hampir 5.000 rupee atau sekitar Rp944 ribu dari 2.675 rupee atau Rp505 ribu pada April.

“Hanya sekitar 200 tabung yang dikirim, padahal yang datang sekitar 500 orang,” kata Mohammad Shazly, sopir paruh waktu yang mengantre pada hari ketiga dengan harapan bisa memasak untuk keluarganya yang terdiri dari lima orang.

Gubernur bank sentral mengatakan valuta asing telah diamankan dari pinjaman Bank Dunia dan pengiriman uang untuk membayar pengiriman bahan bakar dan gas untuk memasak, tetapi pasokan masih mengalir.

Tak hanya itu, kata dia inflasi bisa naik 40 persen dalam beberapa bulan ke depan tetapi sebagian besar didorong oleh tekanan sisi penawaran dan langkah-langkah oleh bank dan pemerintah sudah mengekang inflasi sisi permintaan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here