Wagub DKI Kini Izinkan JIS untuk Kampanye

Menu

Mode Gelap
Geger! Instagram Mendiang Vanessa Angel Mendadak Hilang Tok! Lin Che Wei Resmi Jadi Tersangka Kasus Mafia Minyak Goreng Jangan Telat, Yuk Daftar Gelombang 3 TA 2022/2023 Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor! Presiden Jokowi Beri Bantuan untuk Warga dan PKL di Pasar Cibinong Asyik! Mulai Hari Ini, Jokowi Izinkan Buka Masker di Ruang Terbuka

Politik · 13 Mei 2022 21:51 WIB

Dulu Tak Boleh Buat Kegiatan Politik, Wagub DKI Kini Izinkan JIS untuk Kampanye! Asalkan…


 Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Fakhri Fuadi Muflih/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Fakhri Fuadi Muflih/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Jakarta International Stadium atau JIS sempat dilarang untuk digunakan dalam kegiatan yang berbau politik. Kekinian, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengizinkan JIS untuk kampanye saat Pemilu 2024 mendatang.

Pernyataan Riza ini bertolakbelakang dengan yang ia sampaikan sebelumnya. Ia sempat menyatakan JIS tidak boleh dipakai untuk kepentingan politik.

“Nanti kalau masa kampanye 2024 kan selama ini di stadion. Kalau dimungkinkan (bisa) di JIS,” kata Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta yang dilansir dari Suara.com, Jumat 13 Mei 2022.

Meski memberi sinyal, tetapi politikus Partai Gerindra itu menyerahkan keputusan itu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pengaturan dari BUMD DKI Jakarta yang membangun JIS yakni Jakarta Propertindo (Jakpro). Ia menyebut keputusan itu bukan berada di ranahnya, melainkan KPU dan Bawaslu.

Jakarta International Stadium (JIS) (Instagram/jakarta_stadium/Suara.com/Bogordaily.net)

“Itu ada di ranah KPU, Bawaslu dia yang menentukan mana titik yang dimungkinkan. Selama ini kan tempat terbesar di GBK, nanti diserahkan kepada KPU,” ujar Riza.

Ia juga menyebut ada aturan dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum bisa menggunakan JIS sebagai lokasi kampanye. Selain persetujuan dari lembaga terkait Pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), ada pula syarat dan ketentuan yang dibuat oleh pengelola JIS.

“Nanti akan diputuskan oleh Jakpro yang terbaik untuk apa. Artinya fasilitas umum itu diatur oleh KPU, itu diatur ranahnya di KPU dan Bawaslu,” ujarnya.

Kalau sudah memenuhi persyaratan, Jakpro selaku pengelola akan menentukan lokasi mana saja yang bisa dipakai untuk kepentingan kampanye.

“Mereka yang menentukan mana titik-titik yang dimungkinkan, kalau selama ini kan yang terbesar di GBK. Nanti diserahkan kepada KPU apakah JIS bisa,” pungkasnya.

Riza pun menekankan kegiatan kampanye yang digelar di JIS harus positif. Khususnya dengan mematuhi aturan undang-undang yang ada.

“Kami tidak pernah melarang semua kegiatan positif yang baik dan benar sesuai aturan undang-undang termasuk nanti kalau masa kampanye 2024,” kata Riza.

JIS menurutnya, tidak hanya bisa dijadikan tempat kampanye. Stadion bertaraf internasional itu juga dapat digunakan untuk kegiatan olahraga, seni, budaya, keagamaan, dan kegiatan lain yang bermanfaat.

“JIS itu dibangun untuk kepentingan masyarakat Jakarta dan kebanggaan masyarakat bahkan Indonesia,” tegasnya.

Selama ini, lanjut dia, kegiatan akbar seperti kampanye kegiatan politik salah satunya diadakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Bikin Koalisi Indonesia Bersatu, Airlangga Minta Partai Golkar di Daerah Lakukan Ini

18 Mei 2022 - 19:17 WIB

Perludem Desak KPU Tetapkan PKPU Jadwal Pemilu 2024

18 Mei 2022 - 18:18 WIB

PKPU

Yuk, Ketahui! Perbedaan Partai Pengusung dan Partai Pendukung pada Pemilu

18 Mei 2022 - 16:14 WIB

E-voting

Syarat Lolos Dalam Parpol 2024 Bagi Peserta Pemilu

18 Mei 2022 - 10:02 WIB

PKPU

Heru Budi Dijagokan untuk Gantikan Anies: Aduh, Belum Kepikiran

17 Mei 2022 - 21:34 WIB

Walikota Depok Idris Abdul Somad Digoyang Hak Interpelasi

17 Mei 2022 - 15:08 WIB

Trending di Politik