Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaGedung Ambruk di China, Korban Tewas Capai 53 Orang

Gedung Ambruk di China, Korban Tewas Capai 53 Orang

Bogordaily.net– Insiden gedung ambruk di tepatnya di Kota Changsa, Provinsi Hunan menewaskan 53 orang. Jumlah baru diketahui setelah proses evakuasi yang berlangsung selama sepekan dinyatakan selesai Jumat, 6 Mei 2022 hari ini.

“Orang-orang yang terjebak dan tak bisa dihubungi dari lokasi kecelakaan semuanya telah ditemukan, 10 orang selamat dan 53 meninggal dunia,” ujar pejabat Changsha dikutip CNN Indonesia dari CCTV, Jumat, 6 Mei 2022.

Tim penyelamat menyebut orang kesepuluh yang berhasil diselamatkan dari gedung ambruk di sempat terkubur dalam puing-puing selama enam hari.

Korban lain yang berhasil diselamatkan yakni seorang perempuan. Ia terjebak di reruntuhan puing selama 88 jam. Saat peristiwa itu terjadi, ia mengaku tengah belajar di tempat tidur.

Selama menangani upaya penyelamatan, tim mengeluarkan korban dari reruntuhan gedung menggunakan bantuan anjing pelacak, life detektor, drone, serta mengandalkan teriakan dan ketakutan.

Salah satu pejabat Changsha Wu Guiying menyampaikan permintaan maaf atas insiden tersebut. Ia pun menyebut peristiwa yang terjadi Jumat 29 April 2022 tersebut sebagai tragedi yang luar biasa.

Pemerintah kota menuding surveyor memalsukan audit keselamatan gedung. Pemerintah lalu mengidentifikasi bangunan itu sebagai struktur perumahan yang dibangun sendiri. Artinya, gedung itu dibangun oleh individu atau perusahaan tanpa dana negara. Pihak berwenang kini telah menahan pemilik gedung, beserta tim inspektur dan dua orang yang diduga terlibat dalam tindakan ilegal terkait perubahan gedung.

Kementerian Perumahan dan Pembangunan Perkotaan-Pedesaan kemudian mengumumkan upaya inspeksi secara nasional bagi perumahan yang dibangun sendiri.

Sementara itu bangunan runtuh kerap terjadi di karena standar keselamatan, konstruksi yang lemah dan korupsi di kalangan pejabat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here