Thursday, 16 May 2024
HomeNasionalHeboh Kedubes Inggris Kibarkan Bendera Pelangi LGBT

Heboh Kedubes Inggris Kibarkan Bendera Pelangi LGBT

Bogordaily.net–  Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Indonesia tiba-tiba menyedot perhatian. Hal tersebut terjadi usai memposting bendera pelangi yang menjadi simbol kelompok (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender). Untuk memperingati Hari Anti Homofobia, Bifobia, dan Transfobia (IDAHOBIT).

Dalam unggahan akun Instagram resmi , @ukinindonesia  dua tiang dengan Union Jack alias Bendera Inggris dan bendera pelangi di ujung tertingginya.

“Inggris meyakini hak-hak + adalah dasar hak asasi manusia (HAM). Cinta adalah hal yang berharga,” tulis di keterangan foto seperti dikutip Sabtu, 21 Mei 2022.

“(Karena itulah) kemarin, pada IDAHOBIT, kami mengibarkan bendera + dan mengadakan agenda, untuk menunjukkan kalau kita semua adalah satu keluarga kemanusiaan,” sambungnya.

Lewat keterangan yang cukup panjang, Kedutaan Besar Inggris menegaskan pentingnya membela hak-hak komunitas +.

Inggris juga sekaligus menekankan bahwa setiap orang, dengan orientasi dan keadaan apapun, berhak menjalani hidupnya tanpa diskriminasi serta tekanan dari lingkungannya.

Unggahan tersebut langsung menuai kontroversi dan perhatian warganet di Indonesia.

Kementerian Luar Negeri RI juga buka suara terkait hal terebut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menilai tindakan tersebut sangat tidak sensitif dan menimbulkan polemik di tengah masyarakat Indonesia.

“Tindakan tersebut, disertai mempublikasikannya melalui akun resmi sosial media (Instagram @ukinindonesia), sangatlah tidak sensitif dan menciptakan polemik di tengah masyarakat Indonesia,” ujar Faizasyah dikutip dari Suara.com, Sabtu, 21 Mei 2022 malam.

Ia pun mengingatkan kepada perwakilan asing untuk menjaga dan menghormati sensitifitas budaya, agama serta kepercayaan yang berlaku di Indonesia.

“Kementerian Luar Negeri mengingatkan perwakilan asing untuk dapat menjaga dan menghormati sensitifitas nilai budaya, agama dan kepercayaan yang berlaku di Indonesia,” sambungnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here