Saturday, 20 April 2024
HomeHiburanIdol K-pop BTS Diwajibkan Wamil

Idol K-pop BTS Diwajibkan Wamil

Bogordaily.net – atau sering kali disingkat sebagai wamil adalah kewajiban bagi warga negara berusia muda terutama pria Korea, biasanya berusia 18-27 tahun. Semua pria di harus mengikuti wamil, termasuk para artis seperti terkenal seperti BTS.

Akhir-akhir ini, ada banyak perdebatan tentang apakah para anggota BTS harus wamil atau tidak karena mereka sebenarnya sudah melayani negara dengan meningkatkan prestise bangsa mereka ke seluruh dunia.

Pada tahun 2020 lalu, grup tersebut merilis ‘Dynamite' pada tahun 2020, yang menjadikan mereka sebagai artis pertama yang mencapai #1 di tangga lagu Billboard HOT 100 di AS dan bahkan dinominasikan di ajang Grammy Awards tahun itu.

Karena prestasi BTS yang sangat mebanggakan negara itu, anggota parlemen akhirnya mengubah Undang-Undang Dinas Militer negara tersebut dan mengizinkan beberapa idola K-Pop pria untuk menunda mereka hingga usia 30 tahun.

Undang-undang baru ini mirip dengan yang berlaku untuk atlet nasional , di mana atlet yang memenangkan medali di Olimpiade atau Asian Games memenuhi syarat untuk pengecualian dari , karena prestasi mereka dianggap sebagai kontribusi untuk mengangkat prestise nasional negara.

Beberapa musisi klasik dan folk juga dapat dikecualikan dari jika mereka telah memenangkan penghargaan internasional tertentu.

Lalu pada tanggal 14 Mei 20022, Allkpop melaporkan bahwa dalam rapat kabinet resmi baru-baru ini, Sung Il-Jong, politisi yang mengajukan RUU pembebasan, mengemukakan pendapat bahwa BTS telah menerima dua penghargaan musik besar di kancah musik internasional, yaitu penghargaan AMA dan Billboard.

Penghargaan tersebut membawa prestise ke negara mereka, dan oleh karena itu ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan untuk membebaskan para anggota BTS dari wamil.

Namun, Kim Yong-Moo, yang mewakili pihak Administrasi Tenaga Kerja Militer Korea, membantah argumen ini dengan menyatakan bahwa, penghargaan tersebut tidak dapat digunakan sebagai alasan untuk pengecualian BTS dari wamil.

Alasannya adalah bahwa penghargaan tersebut tidak diberikan berdasarkan kriteria penilaian tertentu melainkan oleh voting penggemar atau, dalam beberapa kasus, penjualan album, sehingga penghargaan BTS tersebut tidak membawa bobot yang cukup untuk memberi mereka pengecualian wamil.

Tidak ada keraguan bahwa BTS telah meraih banyak prestasi besar yang sangat membanggakan negaranya. Namun, masih tidak adanya standar yang jelas untuk pengecualian wamil bisa menyulitkan grup tersebut ke depannya karena mereka seperti terjebak di tengah-tengah, tidak tahu apakah akan tetap wamil apa tidak.

Tetapi, para anggota BTS sendiri dalam beberapa kesempatan telah menegaskan bahwa mereka bersedia wamil jika negara memanggil.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here