Friday, 29 March 2024
HomeBeritaBerlimpah Berkah! Ini Waktu Pelaksanaan dan Keutamaan Puasa Syawal

Berlimpah Berkah! Ini Waktu Pelaksanaan dan Keutamaan Puasa Syawal

Bogordaily.net– Setelah Ramadan, kini umat muslim memasuki bulan . Umat muslim disunahkan puasa yang dilaksanakan selama enam hari setelah Ramadan. Meski hukumnya sunah, tetapi puasa sangat dianjurkan untuk dilaksanakan demi mendapat keberkahan yang melimpah. Tak hanya itu, keutamaan puasa juga sangat sayang jika dilewatkan.

Untuk melaksanakannya, bisa diawali dengan mengucapkan niat puasa yang disampaikan di dalam hati dengan pikiran dan hati yang benar-benar berniat. Namun jika ingin dilafalkan, berikut bacaan niat puasa yang digunakan.

“Nawaitu shauma syahri sunnatan lillahi ta'ala”.

Artinya:

“Saya niat puasa bulan , sunnah karena Allah SWT.”

Dalam pelaksanaannya, sebenarnya bisa dilakukan setelah Ramadan, selama masih di bulan . Namun dianjurkan untuk melaksanakan puasa ini pada tanggal 2 , atau sehari setelah hari raya Idul Fitri tiba.

Pada konteks Idulfitri 2022, maka puasa Syawal bisa dilaksanakan pada 3 Mei 2022, hingga enam hari kedepan. Jika memang tidak dapat dilaksanakan pada hari dan tanggal tersebut, selama masih berada di bulan Syawal hal ini masih diperbolehkan dan tetap mendapat keutamaan yang bisa diperoleh.

Keutamaan Puasa Syawal

Puasa Syawal diibaratkan sama seperti amalan salat sunah rawatib setelah salat fardu. Dengan amalan puasa Syawal, Allah akan menyempurnakan pahala puasa Ramadan.  Pahala puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan puasa setahun penuh.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka pahala yang dia dapatkan seperti orang yang berpuasa setahun penuh.”***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here