Wednesday, 8 May 2024
HomeKabupaten BogorIwan Setiawan Nilai, Program Merdeka Belajar Mampu Selamatkan Pendidikan

Iwan Setiawan Nilai, Program Merdeka Belajar Mampu Selamatkan Pendidikan

Bogordaily.net– Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, menilai terobosan Kementerian , Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui program Merdeka telah mampu menyelamatkan dunia di Indonesia, terkhusus di Kabupaten Bogor.

Hal itu ia ungkapkan saat memimpin upacara Hari Nasional (Hardiknas), di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Jumat 13 Mei 2022.

“Kini kurikulum merdeka sudah diterapkan di 140.000 satuan di seluruh indonesia. Itu artinya ratusan ribu anak indonesia sudah dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Jumat 13 Mei 2022.

Lanjutnya Iwan mengatakan, murid-murid tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan. Karena asesmen nasional yang digunakan saat ini tidak bertujuan untuk “menghukum” guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk .

“Kurikulum program merdeka lahir sebagai upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi. Ini terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran,” jelasnya.

Politisi partai Gerindra tersebut menambahkan, semua perubahan positif yang telah diusung bersama, tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Menurutnya, keterlibatan Indonesia dalam G20 bahkan menjadi bukti bahwa Indonesia tidak hanya menjadi pengikut tapi juga memimpin dunia.

“Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Untuk itu, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, masih akan ada rintangan yang jauh lebih tinggi. Kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk merdeka ,” pungkasnya.

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here