Wednesday, 8 May 2024
HomeNasionalJakarta Punya JIS, di Banten Ada BIS

Jakarta Punya JIS, di Banten Ada BIS

Bogordaily.net – Tidak hanya DKI Jakarta yang memiliki besar seperti Jakarta International Stadium (JIS). Provinsi akhirnya meresmikan International Stadium (BIS).

bertaraf internasional yang berada di di Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang, , itu, diresmikan langsung oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim, Senin, 9 Mei 2022.

kita beri nama Banten International Stadium. Kalau di Jakarta ada JIS, kita juga punya BIS. Banten harus punya lapangan terbaik,” kata Wahidin.

Sekerdar informasi, pembangunan BIS memakan biaya Rp 874 miliar yang berasal dari dana APBD Provinsi Banten. BIS berada di lahan seluas 60 hektare dan mempunyai bangunan seluas 78.116 meter persegi.

Saat masuk ke pintu utama , tepat di sisi kiri ada lift untuk menuju ke lantai dua hingga lantai lima. Sedangkan bagian lorong sebelah kanan merupakan ruangan khusus untuk para pemain.

 

Di mana dalam ruangan tersebut difasilitasi ruang ganti, ruang istirahat, hingga kamar mandi. Adapun di lantai lima, terdapat beberapa ruangan. Ada ruangan khusus media center, ruang kontrol lampu, ruang kontrol sound system, hingga scoring board CCTV.

“Untuk lampu kita menggunakan lampu FOV yang bisa mengikuti alur musik. Scoring board kita impor dari Itali, sound system dari TOA dan lampu dari panasonic,” ujar Construction Manager, Dolly Abu Zein.

Banten International Stadium memiliki sebanyak 30.038 kursi. Sebanyak 19.124 kursi diperuntukan bagi penonton umum, 532 kursi untuk VIP dan pendamping difabel, 231 kursi untuk VVIP, dan 151 kursi untuk media.

Kursi yang disediakan hampir sama dan tidak ada bedanya dengan - lain yang ada di Indonesia.

“Sementara konsep warna, awal mulanya kita berikan konsep badak bercula, batik banten dan gradasi dengan paduan warna,” kata dia.

Namun dari tiga konsep tersebut, yang dipilih adalah konsep gradasi dengan paduan warna. Kursi penonton memiliki empat paduan warna, mulai dari warna merah, kuning, hijau, dan abu-abu.

Selain itu, pada bangunan itu telah didesain beberapa bagian sebagai karakteristik Banten. Karakteristik Banten tersebut dibangun pada bangunan yang berada tepat di pintu masuk.

“Karakteristiknya kita buat seperti udeng-nya orang Banten dan di tengahnya ada batik khas Banten,” ungkapnya.

Selain itu, yang tidak kalah menarik ada pada rumput hijau yang berada di tengah lapangan. Di sana tampak hamparan rumput berwarna hijau yang terasa memukau.

“Untuk rumput itu zoysia matrella dari Italia,” ungkapnya.

Di sekitar BIS juga akan dibangun hotel dan mal. BIS dibangun dengan standar FIFA (Fédération Internationale de Football Association).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here