Friday, 29 March 2024
HomeBeritaJangan Mencuci Wajah Terlalu Sering, Waspada Bahayanya!

Jangan Mencuci Wajah Terlalu Sering, Waspada Bahayanya!

Bogordaily.net– Salah satu langkah awal merawat kulit adalah mencuci wajah. Namun, bukan berarti terlalu sering mencucinya bisa membuat wajah selalu bersih dan cerah.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Rahma Evasari, Sp.DV., mengungkapkan bahwa mencuci wajah paling sering cukup tiga kali dalam sehari. Jika terlalu sering justru berisiko membuat kulit jadi terlalu kering hingga menyebabkan dehidrasi.

“Bersihkan wajah maksimal 3 kali sehari. Karena kalau kelebihan, kulit akan merasa dibersihkan terus, kulit makin kering dan produksi semakin banyak minyak dan dehidrasi. Jadi kulit dehidrasi tapi oily,” jelasnya kepada wartawan di Jakarta sebagaimana dikutip dari Suara.com.

Ia menjelaskan, membersihkan wajah tidak perlu terlalu sering dan disesuaikan dengan aktivitas harian. Apabila menggunakan riasan, sebaiknya mencuci wajah dengan dua tahapan.

Sedangkan hanya aktivitas biasa dan minim makeup, dokter Rahma menyampaikan bersihkan wajah dengan sabun muka pun sudah cukup.

“Pilih produk pembersih yang lembut, jadi gak abrasif, sifatnya gak angkat minyak alami kulit. Bebas sabun dan disesuaikan dengan aktivitas,” sarannya.

Lebih lanjur dr. Rahma mengatakan, penggunaan pelembab juga penting untuk mencegah kulit dehidrasi, terutama bagi tipe kulit kering. Menurutnya, kulit kering bisa lebih parah alami gangguan kulit apabila terjadi dehidrasi.

“Kalau tipe kulit kering produk minyak lebih kurang dan sawar kulit juga lebih terganggu. Jadi kekeringan lebih hebat dibandingkan normal atau berminyak,” ujarnya.

Pemilihan produk pelembab kata dia harus disesuaikan dengan tipe kulit. Bagi pemilik tipe kulit berminyak, sebaiknya memilih pelembab dengan bahan air dan bebas minyak. Sementara kulit kering bisa gunakan pelembab dengan kandungan vitamin E.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here