Friday, 19 April 2024
HomeBeritaJarang Diketahui, 5 Tips Mengatasi Efek Samping Obat-Obatan

Jarang Diketahui, 5 Tips Mengatasi Efek Samping Obat-Obatan

Bogordaily.net – dapat muncul secara tiba-tiba. Sebagian orang yang terkena obat-obatan ini merasa diri seolah disiksa dan tidak tertahankan lagi.

Terutama ketika si penderita berinisiatif untuk menghentikan mengkonsumsi obat itu, maka efek sampingnya baru mereda beberapa hari kemudian setelah itu.

Namun, kadang-kadang dari penghentian obat ini berlangsung sangat lama, sehingga mayoritas si penderita akhirnya membuat kesimpulan bahwa obat-obatan tersebut lebih banyak memberikan ketidaknyamanan bagi penderita daripada kesembuhan.

Berikut lima tips mengatasi sebab obat-obatan, berdasarkan sumber tulisan A.J. Mahari, dkk., Kiat Mengatasi Gangguan Kepribadian.

1. Mengganti jenis obat

Tips pertama untuk mengatasi sebab obat-obatan adalah dengan mengganti jenis obat yang dikonsumi. Jenis obat terbaru akan memberikan dampak negatif yang lebih sedikit. Jadi, penggantian jenis obat seringkali menjadi solusi terbaik dalam mengatasi .

2. Mengurangi dosis

Biasanya timbul karena akibat dosis yang kurang tepat. Jadi, dengan mengurangi dosis, dapat pula mengurangi efek buruk yang terdapat pada obat-obatan tersebut.

3. Menemukan masalah yang sebenarnya

Terkadang sangat sulit bagi penderita untuk membedakan antara dengan gejala gangguan kesehatan yang dialami.

Pada saat penderita mengonsumsi berbagai jenis obat, ia akan menemui kesulitan dalam menentukan obat mana yang telah menyebabkan efek buruk yang dialaminya. Bahkan, mungkin juga terjadi di mana obat yang disangka mampu mengurangi efek negatif tersebut, justru malah menjadi penyebab munculnya efek buruk itu.

4. Memberi laporan riwayat pengobatan secara lengkap

Masalah yang dihadapi bisa jadi merupakan dampak dari pengombinasian obat-obatan yang telah diminum. Sangat penting untuk memberikan ekstra perhatian jika dokter yang memberikan pengobatan kepada kita lebih dari satu.

Ketika kita memperoleh pengobatan dari dokter dan tabib, sangat penting bagi kita untuk memberitahukan kepada kedua belah pihak mengenai langkah pengobatan yang telah kita tempuh itu.

5. Minumlah obat sesuai anjuran

Ada beberapa orang yang mengonsumsi obat secara berlebihan. Ini dapat menimbulkan dalam tubuh penderita, terutama saat obat tersebut pertama kali diminum, sebab tubuh masih memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri. Hubungi dokter untuk menetapkan minimal pemakaian obat-obatan tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here