Sunday, 29 September 2024
HomeBeritaJarang Diketahui, Ini Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Bogordaily.net– Jika malam hari, sebagian besar dari kita akan lebih memilih pergi ke ranjang untuk beristirahat lalu tidur. Namun, olahraga kecil sebelum tidur rupanya baik untuk kesehatan fisik, salah satunya otot. Terlebih, olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, tubuh akan lebih menjadi bugar dan segar setelahnya. Olahraga juga bisa dilakukan di mana saja, salah satunya di rumah. Sebelum tidur, Anda juga bisa melakukan aktivitas ini karena ternyata memiliki sejumlah manfaat. Nah, berikut manfaat olahraga sebelum tidur yang jarang diketahui sebagaimana dilansir Suara.com dari Performance Health.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Melakukan olahraga sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Dengan tidur nyenyak, ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mendukung kesehatan jantung, mengendalikan stres, serta mengurangi kecemasan.

Meningkatkan Total Durasi Tidur

Melakukan latihan fisik sebelum tidur seperti yoga, dapat membantu Anda lebih rileks secara fisik dan juga mental. Dengan begitu, olahraga kecil dapat membantu meningkatkan total durasi istirahat.

Membantu Mengurangi Stres dan Kecemasan

Stres adalah penyebab umum dari masalah tidur, termasuk kesulitan tidur dan tidur gelisah di malam hari. Dengan melakukan olahraga, ini dapat memicu respons anti kecemasan, serta membantu menurunkan kadar kortisol dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, melakukan yoga juga membantu tubuh lebih rileks, sekaligus menenangkan sistem saraf parasimpatis.

Mengurangi Insomnia

Latihan aerobik menjadi teknik yang efektif untuk mengurangi gejala insomnia. Bagi Anda yang mengalami masalah sulit tidur, olahraga dapat menjadi cara terbaik untuk kesehatan Anda, di mana ini dapat membantu menurunkan gangguan pernapasan saat tidur, serta membantu mengurangi apnea tidur obstruktif.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here