Monday, 20 May 2024
HomeBeritaJelang Pemilu 2022, Wakil PM Papua Nugini Tewas Karena Kecelakaan

Jelang Pemilu 2022, Wakil PM Papua Nugini Tewas Karena Kecelakaan

Bogordaily.net– Menjelang Pemilu 2022, Wakil Perdana Menteri (PM) , meninggal dunia dalam kecelakaan mobil di bagian utara negara tersebut.

dilarikan ke rumah sakit bersama dengan tiga orang lainnya yang mengalami luka-luka setelah terlibat dalam kecelakaan lalu-lintas antara Lae dan Bulolo, Rabu, 11 Mei 2022 malam.

Petugas rumah sakit berusaha menyelamatkan nyawa Basil selama beberapa jam tetapi dia meninggal malam itu juga.

“Dengan penuh rasa sedih saya memberi laporan kepada Perdana Menteri dan kepada semuanya, bahwa Wakil Perdana Menteri telah meninggal dunia karena cedera parah yang dialaminya setelah kecelakaan mobil,” kata Kepala Polisi , David Manning, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Suara.com.

“Saya juga ingin menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga dan juga kepada warga Bulolo,” sambungnya.

Polisi sedang menyelidiki insiden yang menimpa wakil PM tersebut dan menyebut ada kendaraan kedua yang terlibat yang identitas pengendaranya sudah diketahui.

“Saya meminta saksi mata yang melihat kejadian untuk memberi keterangan untuk membantu penyelidikan,” kata Manning.

“Penyelidikan akan membantu kita untuk mengetahui apa yang terjadi, jadi saya menyerukan ketenangan di saat ini guna memungkinkan penyelidikan diselesaikan dengan benar,” sambungnya.

Sementara itu pernah menjadi Menteri Transportasi diangkat menjadi anggota parlemen pada tahun 2007 dan pernah menjadi pemimpin oposisi pada tahun 2016 dan menjadi Menteri Keuangan di masa kabinet pertama Perdana Menteri James Marape tahun 2019.

Perdana Menteri James Marape mengatakan bahwa PNG ‘terkejut dan sangat sedih' atas meninggalnya Sam Basil.

“Ini adalah kehilangan besar bagi keluarganya, bagi warga Bulolo, Morobe, Partai Buruh Bersatu, dan juga di saat kita mencoba menerima berita kepergiannya,” katanya.

Sam Basil merupakan salah satu anggota kuat dalam jajaran kabinet saat ini.

“Yang lebih menyedikan adalah bahwa kematiannya terjadi hanya beberapa jam sebelum pembukaan pendaftaran bagi calon untuk Pemilu tahun 2022.”

James Marape mengatakan Sam Basil berjasa membangkitkan kembali Partai Buruh Bersatu, yang dikenal dengan nama lokal Pangu Pati di tahun 2014, partai yang dipimpin oleh Marape.

“Partai dengan pemimpin satu orang menjadi dua di tahun 2015 ketika William Samb bergabung dengan Basil menghidupkan kembali institusi yang hebat ini,” lanjutnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here