Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKapal Pengungsi Rohingya Tenggelam, 14 Orang Tewas di Myanmar

Kapal Pengungsi Rohingya Tenggelam, 14 Orang Tewas di Myanmar

Bogordaily.net– Kapal yang mengangkut puluhan pengungsi tenggelam di . Akibat peristiwa itu 14 orang tewas dan puluhan lainnya hilang.

Menurut laporan Radio Free Asia yang dikutip CNN Indonesia dari Reuters, sebanyak 20 orang yang selamat langsung ditahan pihak berwenang wilayah Ayeyarwady, .

Salah satu korban yang selamat, mengaku kapal tersebut berangkat dari negara bagian Rakhine menuju Malaysia pada 19 Mei lalu. Namun dalam perjalanan, mereka mengalami sejumlah masalah.

Malaysia menjadi salah satu tujuan warga karena negara ini dianggap memiliki rasa simpati terhadap pengungsi meskipun status mereka tak diakui secara resmi.

Menurut catatan UNHCR, terdapat 630 orang yang mencoba menyeberang Teluk Benggala pada Januari hingga Mei 2022. Mereka juga melaporkan jumlah pengungsi yang menyeberang naik hingga 60 persen.

“Tragedi terbaru menunjukkan sekali lagi rasa putus asa etnis di Myanmar dan di wilayah lain,” demikian pernyataan resmi Komisioner Tinggi urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR), seperti dikutip AFP.

Sejauh ini, juru bicara junta Myanmar tak memberi tanggapan usai dimintai komentar soal kapal tenggelam tersebut.

Sementara itu banyak warga meninggalkan Myanmar karena mengalami persekusi di negara mayoritas Buddha itu. Tercatat 600 ribu warga sudah keluar dari Myanmar.

UNHCR memperkirakan 148 ribu warga mengungsi dan banyak dari mereka hidup di kamp. Pada 2017 lalu, tercatat 730 ribu warga melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari tindakan keras militer.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here