Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKasus Cacar Monyet di Inggris Bertambah, Diduga Lewat Kontak Seks

Kasus Cacar Monyet di Inggris Bertambah, Diduga Lewat Kontak Seks

Bogordaily.net dilanda kasus . Beberapa infeksi diduga menular lantaran kontak seksual antar laki-laki atau mereka menyebutnya gay atau biseksual.

Badan Keamanan Kesehatan (UKHSA) mendeteksi tiga kasus di London, dan satu kasus yang berkaitan di Newcastle. Penambahan ini membuat total di negara itu menjadi tujuh kasus.

Otoritas kesehatan menyebut mereka telah mengidentifikasi empat kasus langka dan tidak biasa itu. Penyakit atau monkeypox di antara lelaki tampaknya telah terinfeksi di London. Mereka tidak memiliki riwayat perjalanan ke negara-negara Afrika tempat penyakit seperti cacar itu endemik.

Pada sebuah pernyataan, Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan penyelidikan telah dimulai tentang bagaimana orang-orang itu terinfeksi dan apakah mereka memiliki hubungan satu sama lain. Tiga dari pria itu berada di London dan satu di timur laut Inggris. Semua laki-laki mengidentifikasi sebagai gay, biseksual atau laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

Pekan lalu, Inggris melaporkan tiga kasus sebelumnya, termasuk dua orang yang tinggal di rumah yang sama dan satu lagi yang sebelumnya bepergian ke Nigeria, di mana penyakit itu endemik pada hewan.

“Bukti menunjukkan bahwa mungkin ada penularan virus di masyarakat, menyebar melalui kontak dekat,” kata Dr Susan Hopkins, Kepala Penasihat Medis untuk Badan Keamanan Kesehatan Inggris dikutip Suara.com.

“Kami secara khusus mendesak pria gay dan biseksual untuk waspada terhadap ruam atau lesi yang tidak biasa dan segera menghubungi layanan kesehatan seksual,” sambungnya.

Peningkatan kasus tersebut, membuat Organisasi Kesehatan Dunia mengeluarkan pernyataan. Dalam situs resminya WHO mengatakan bahwa setiap penyakit selama perjalanan atau setelah kembali dari daerah endemik harus dilaporkan ke profesional kesehatan, termasuk informasi tentang semua perjalanan dan riwayat imunisasi terakhir.

“Penduduk dan wisatawan ke negara-negara endemik harus menghindari kontak dengan hewan sakit (mati atau hidup) yang dapat menampung virus monkeypox (tikus, marsupial, primata) dan harus menahan diri dari makan atau menangani hewan buruan (daging semak),” kata WHO.

Sementara itu sebagai informasi adalah zoonosis: penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Kasus sering ditemukan di dekat hutan hujan tropis yang terdapat hewan pembawa virus. Bukti infeksi virus monkeypox telah ditemukan pada hewan termasuk tupai, tikus rebus Gambia, dormice, berbagai spesies monyet dan lain-lain.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here