Friday, 29 March 2024
HomeBeritaKasus Cacar Monyet Sampai ke Denmark dan Skotlandia 

Kasus Cacar Monyet Sampai ke Denmark dan Skotlandia 

Bogordaily.net – Kementerian Kesehatan melaporkan adanya warga yang terinfeksi pertama virus monyet atau pada pria dewasa yang telah kembali dari perjalanan ke Spanyol.

Menteri Kesehatan Magnus Heunicke mengatakan bahwa sangat kecil kemungkinan infeksi tersebut meluas di negara itu, tetapi ia catat bahwa pihaknya tetap mencermati situasi.

“Otoritas kesehatan tidak memperkirakan infeksi yang meluas di , tetapi kami terus memantau dan mengikuti perkembangan dengan cermat untuk bersiap menghadapi segala kemungkinan,” kata Heunicke dalam sebuah pernyataan, diktutip dari RMOL, Selasa 24 Mei 2022.

Kemenkes mengatakan pria yang terinfeksi saat ini ada dalam isolasi. Pihak berwenang sedang mencoba menelusuri siapa saja yang melakukan kontak dekat dengan pria itu.

Laporan kasus pertama monyet di bersamaan dengan yang juga mengumumkan kasus monyet yang pertamanya pada Senin. Hingga Jumat 20 Mei 2022, sudah ada 20 kasus yang dikonfirmasi di Inggris secara keseluruhan.

“Seseorang yang terinfeksi di telah menerima perawatan untuk kondisi mereka. Saat ini pelacakan kontak sedang dilakukan,” kata Public Health Scotland.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pada Senin bahwa pemerintah sedang melihat dengan hati-hati pada keadaan seputar penularan cacar monyet di negara itu.

“Ini pada dasarnya adalah penyakit yang sangat langka dan sejauh ini konsekuensinya tampaknya tidak terlalu serius, tetapi penting bagi kita untuk mengawasinya,” kata Johnson.

Cacar monyet dapat menyebar melalui kontak dekat dan sebagian besar ditemukan di Afrika Barat dan Tengah. Kasusnya telah diidentifikasi di beberapa negara secara global.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan cacar monyet tidak memyebar dengan mudah, sehingga resiko penularan sangat rendah. Hanya saja, kontak dekat tetap akan berisiko tinggi sehingga perlu diisolasi selama 21 hari.

Hingga Senin WHO sudah melaporkan 92 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dan 28 yang dicurigai di 12 negara saat penyebaran terus berlanjut.

Kepala WHO Eropa khawatir bahwa cacar monyet dapat menyebar ketika orang berkumpul untuk pesta dan festival selama musim panas.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here