Kasus Hepatitis Akut Misterius di Indonesia Bertambah Menjadi 14

Menu

Mode Gelap
Diduga Ruko di Desa Rancabungur Jadi Sarang Penjualan Obat Terlarang Muncul Lagi di Wuhan, China Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Banyak Masalah, Kemensos RI Cabut Izin ACT! Cek Lokasi Perpanjangan SIM Kota Bogor, Rabu 6 Juli 2022 Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya!

Nasional ยท 18 Mei 2022 19:08 WIB

Waspada! Kasus Hepatitis Akut Misterius di Indonesia Bertambah Menjadi 14


 Ilustrasi. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat kasus hepatitis akut misterius di Indonesia semakin bertambah hingga mencapai 14 kasus. Rinciannya, 13 kasus berstatus pending dan satu lainnya probable.

“Tanggal 17 Mei ada 14 kasus. Setelah dilakukan pemeriksaan, ada pengurangan kasus di probable karena sepsis bakteri, sehingga dia dikeluarkan,” ujar Jubir Kemenkes Mohammad Syahril dalam keterangannya, Rabu 18 Mei 2022.

Sebelumnya, Kemenkes mencatat terdapat 18 kasus hepatitis misterius tersebar di Indonesia. Kendati demikian, belum ada kasus yang secara resmi terkonfirmasi.

Lebih lanjut, Syahril menjelaskan Kemenkes sampai saat ini belum dapat mendeteksi penyebab dari penyakit yang diduga hepatitis akut misterius tersebut.

“Belum ditemukan patogen yang spesifik dan menjadi penyebab. Kami belum bisa menyebutkan penyebab, karena 13 kasus masih pending dan belum selesai pemeriksaan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kemenkes mencatat terdapat 18 kasus hepatitis akut misterius di Indonesia. Tiga diantaranya telah meningal dunia dengan status dua probable dan satu discarded atau dikeluarkan karena dikonfirmasi terjangkit DBD.

Adapun kasus heaptitis akut misterius ini dilaporkan dari tujuh provinsi, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Bangka Belitung.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Luhut Ingatkan, Dua Pekan Lagi Vaksin Booster Jadi Syarat Mobilitas

6 Juli 2022 - 22:18 WIB

vaksin booster syarat mobilitas

Gaji Para Petinggi ACT Mencapai Ratusan Juta, Ini Penjelasnnya

6 Juli 2022 - 21:11 WIB

Gaji petinggi ACT

Gara-Gara ACT, Kemenkes Akan Sisir Seluruh Lembaga Pengepul Donasi

6 Juli 2022 - 20:02 WIB

HUT Bhayangkara ke 76, Arsul Sani : Polisi Harus Lebih Humanis

6 Juli 2022 - 19:19 WIB

Ups… Status Online WhatsApp Bakal Dihilangkan?

6 Juli 2022 - 17:43 WIB

Live di Mango, Model Cantik Diciduk Siber Polri

6 Juli 2022 - 17:35 WIB

Trending di Nasional