Wednesday, 15 May 2024
HomeKota BogorKatar 04 Kelurahan Kedung Badak Gelar Diskusi Gema Ramadhan

Katar 04 Kelurahan Kedung Badak Gelar Diskusi Gema Ramadhan

Bogordaily.net (Katar) Badak, gelar sekaligus diskusi bertemakan “Peran Pemuda Dalam Pengembangan dan Memakmurkan Masjid” yang bertempat di Masjid Jami'e Al-Ikhlas RW 04, , Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.

Dalam gelaran kali ini, (katar) Badak mengundang narasumber sekaligus tokoh muda Kota Bogor yaitu H. Rino Indira Gusniawan (Dirut Perumda PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor).

H. Rino Indira Gusniawan dalam mengawali diskusi mengatakan, bahwa masjid dikatakan ideal bila memiliki pemuda masjid.

Tidak sebatas ada tetapi nihil kegiatan, melainkan ikut memakmurkan masjid melalui kuantitas program ala pemuda dan bervariasi.

“Pemuda memiliki peran besar dalam generasi yang akan datang, pemuda identik dengan perlawanan, perlawanan bukan semata-mata turun ke jalan saja. Dengan melakukan perubahan pada diri sendiri kearah yang lebih baik itu bagian dari sebuah perlawanan dari para pemuda. apalagi pemuda masa kini harus bisa mengambil peran terhadap sebuah keberlangsungan masyarakat, dengan mengambil peranan memakmurkan masjid,” ucap H. Rino.

Lanjutnya, hidup terpengaruh dengan apa yang ada di sekitar, jika dekat dengan mesjid maka akan dekat dengan hal kebaikan.

“Jika generasi pemuda hari ini tidak diarahkan dan tidak dibimbing, antara keseimbangan perkembangan zaman yang notabene lebih ke barat-baratan, maka generasi instan akanlah tercipta,” tambahnya.

Rizky Maulana Yusuf mengatakan, dikutip dari Hasil Sensus Penduduk 2020, jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total seluruh populasi penduduk di Indonesia.

“Maka dari itu kita jikalau melihat data sensus 2020 dengan populasi generasi Z yang mencapai 75,49 juta bisa kita bilang generasi nya anak anak muda, sudah sepatutnya kita sebagai anak muda untuk berperan aktif serta sadar akan peran fungsi pemuda saat ini untuk di arahkan ke kegiatan-kegiatan sosial, baik itu berbasis masjid ataupun berbasis keahlian-keahlian yang lainnya. Menurut saya, gerakan pemuda bangkit dari masjid ini harus terus digaungkan ke setiap wilayah khususnya di Kota Bogor,” papar Rizky Maulana Yusuf.

Rifky Muhammad Rifwani selaku Ketua Badak Opat, mengatakan, kegiatan ini baru diadakan satu kali dengan rangkaian acara sebelumnya yaitu sanlat, lomba-lomba, pembagian takjil serta, ini kita kemas dengan diskusi yang memang sasarannya para pemuda.

“Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan ini kita semua sebagai pemuda yang dimana adalah generasi penerus bangsa nantinya, harus turut andil dalam pembangun bangsa. Dan kegiatan diskusi seperti ini harus terus berkelanjutan nantinya demi para pemuda yang bisa mengembangkan serta memakmurkan masjid,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh beberapa unsur muspikel Kedung badak, Ketua Kedung badak, Ketua RW, Ketua RT, Tokoh Masyarakat, serta para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here