Friday, 26 April 2024
HomeTravellingKeindahan Alam Nan Indah di Desa Wisata Malasari, Info Lengkap Lokasi dan...

Keindahan Alam Nan Indah di Desa Wisata Malasari, Info Lengkap Lokasi dan Harga Tiket

Bogordaily.net – Banyak destinasi wisata alam maupun wisata buatan yang dapat dimasukkan ke dalam list liburan kalian, ketika ingin berlibur di . Seperti salah satunya, lokasi Desa Wisata Malasari yang merupakan objek wisata alam yang indah, tepatnya di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten , Jawa Barat.

Keindahan alam dan udara pegunungan yang sejuk menjadi daya tarik sendiri yang dimiliki oleh Kabupaten dan sekitarnya. Tidak heran, perjalanan menuju daerah selalu ramai dipadati wisatawan setiap akhir pekan atau hari libur sekolah. Salah satu objek wisata yang sedang naik daun dan wajib untuk dikunjungi saat berlibur ke adalah Desa Wisata Malasari.

Desa Wisata Malasari terletak dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak (TNHS) serta alam Taman Bumi Gunung (Geopark) Pongkor pada Geoarea Pongkor. Dengan lokasi yang berada di wilayah pegunungan, sehingga menjadikan desa wisata ini mempunyai udara sangat dingin terutama saat musim hujan tiba.

Terdapat berbagai jenis flora serta fauna khas hutan dataran rendah yang dapat anda temui di sekitar kawasan ini. Beberapa jenis fauna yang dapat anda temukan terdiri dari macan tutul, kukang, primata owa serta elang Jawa. Sedangkan untuk floranya, anda akan menemui beragam tumbuhan endemik hutan hujan tropis yang tersebar di sekitar desa Malasari.

Perkebunan teh Nirmala Agung merupakan salah satu keindahan alam yang dapat anda nikmati ada kawasan wisata ini. Saat dini hari dari perkebunan teh ini, pengunjung dapat menikmati keindahan sunrise dari balik Gunung Salak .

Keindahan panorama yang asri dan hijau menjadikan kebun teh Nirmala sebagai salah satu spot andalan para wisatawan di desa wisata Malasari.

Desa wisata ini juga memiliki sungai yang cukup deras yang bernama Cidurian serta Cikaniki. Selain sungai, terdapat pula beberapa curug yang cukup menarik untuk anda kunjungi.

HARGA TIKET MASUK DESA WISATA MALASARI

Harga tiket masuk ke Desa Wisata Malasari cukup terjangkau ini. Dengan harga terjangkau ini, wisatawan sudah bisa menjelajahi seluruh kawasan desa.

  • Tiket masuk dikenakan, RP12,500/orang
  • Sewa Tenda Rp50.000
  • Sewa Matras Rp15.000
  • Makan Rp30.000 – 40.000/orang
  • Homestay mulai dari Rp150.000/malam

Jam Buka

Desa Wisata Malasari terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Namun, akses jalannya masih minim penerangan terutama di area hutan. Sehingga, pengunjung tidak direkomendasikan untuk datang pada malam hari.

Lokasi dan Rute Desa Wisata Malasari

Jalan menuju kawasan Desa Wisata Malasari rata – rata memiliki kondisi yang baik,namun ada beberapa rute yang jalannya berkelok – kelok dan cukup menanjak.

Tidak perlu khawatir, Desa Malasari memiliki jalan yang cukup besar sehingga dapat diakses oleh kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Karena lokasinya yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, pengemudi harus berhati – hati saat melewati rute yang berkelok dan menanjak karena kondisi jalanan sering licin akibat udara di sekitar Gunung Halimun tidak menentu.

Untuk rute tempuh, pengunjung yang memulai perjalanan dari pusat akan memulai perjalanannya menuju arah IPB melewati Jl. Raya Cibadak – Ciampea.

Setelah sampai di Ciampea, wisatawan melanjutkan perjalanan dengan belok kearah kiri menuju Jl. Raya Leuwiliang – . Perjalananann selanjutnya melewati Jl. Raya Leuwiliang – Jl. Raya Sadeng hingga Jl, Raya Kalong II.

Kemudia dari Kalong I Leuwisadeng, belok kiri menuju Jl. Raya Ace Tabrani. Lurus terus menyusuri jalanan hingga tiba di kawasan Desa Wisata Malasari .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here