Friday, 26 April 2024
HomeNasionalKejagung: Lin Che Wei Sebagai Penghubung Antara Kemendag dengan CPO

Kejagung: Lin Che Wei Sebagai Penghubung Antara Kemendag dengan CPO

Bogordaily.net – Penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung RI menetapkan sebagai baru dalam kasus dugaan korupsi korupsi pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunannya. merupakan pihak penghubung antara Kementerian Dalam Negri (Kemendag) dengan perusahan Crude Palm Oil (CPO).

Penasehat Kebijakan atau Analisa pada Independent Research & Advisory Indonesia ini salah satunya berperan bersama Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI Wisnu Wardhana mengkondisikan pemberian izin persetujuan ekspor atau PE minyak goreng kepada beberapa perusahaan.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI, Ketut Sumedana mengatakan ini berdasar hasil penyidikan yang dilakukan oleh penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

“Peran yaitu bersama-sama dengan IWW (Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI) mengkondisikan pemberian izin Persetujuan Ekspor (PE) di beberapa perusahaan,” kata Ketut kepada wartawan, Selasa 17 Mei 2022

Jampidsus Febrie Adriansyah menerangkan, peran LCW dan IWW satu paket. Ia mengatakan, LCW sebetulnya bukan pihak dari otoritas penerbitan PE CPO di Kemendag. Akan tetapi IWW, kerap melibatkan perannya, dalam setiap pembahasan, dan pengambilan keputusan PE untuk perusahaan-perusahaan CPO.

merupakan pihak penghubung antara Kementerian Dalam Negri (Kemendag) dengan perusahan Crude Palm Oil (CPO).

“Secara hukum, kita temukan bukti-bukti adanya hubungan (tersangka) LCW ini, dengan Dirjen (IWW) yang sudah kita tersangkakan. Dia (LCW), tidak ada dalam struktur jabatan di Kemendag, tetapi selalu dilibatkan dalam setiap rapat-rapat penting terkait PE CPO dan turunanya itu di Kemendag,” kata Febrie, dikutip dari Republika, Rabu, 18 Mei 2022.

Febrie mengungkapkan, salah satu bukti keterlibatan LCW, adanya rekaman, dan notulensi dari hasil rapat virtual, antara tersangka IWW selaku Dirjen Perdagangan Luar Negeri, bersama-sama pihak-pihak perusahaan CPO.

Febrie mengatakan, dari hasil penyidikan juga terungkap, tersangka LCW tersebut, juga pasang kaki di perusahaan-perusahaan CPO yang mendapatkan PE dari Kemendag.

“Kita (penyidik) melihat dia (LCW) ini, sebagai konsultan yang digunakan oleh Kemendag dalam pemberian PE. Dan dia (LCW) juga sebagai konsultan di perusahaan-perusahaan CPO yang beberapa orang-orangnya sudah kita tersangkakan juga,” kata Febrie menambahkan.

Sebelumnya diberitakan Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan LCW atau , sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor minyak goreng atau Crude Palm Oil (CPO).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here