Thursday, 25 April 2024
HomeEkonomiKemenkeu Beberkan Ancaman Lonjakan Inflasi

Kemenkeu Beberkan Ancaman Lonjakan Inflasi

Bogordaily.netKemenkeu beberkan ancaman lonjakan . Itu dilakukan lantaran adanya ancaman laju yang saat ini menjadi permasalahan utama negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.

Kepala Badan Kebijakan Kementerian Keuangan(BKF Kemenkeu) Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, beberapa negara sudah melakukan kebijakan moneter yang cukup kuat untuk mengatasi masalah lonjakan laju .

“Misalnya Brazil, Rusia, Meksiko, dan Afrika Selatan dalam merespons dengan kenaikan suku bunga acuannya,” kata Febrio dalam Taklimat Media, Tanya BKF: Mengoptimalkan Sumber Pertumbuhan Ekonomi ke Depan secara virtual.

Sebaliknya, Amerika Serikat, walaupun inflasinya sudah di 8 persen ke atas, tingkat suku bunga kebijakannya belum disesuaikan dengan cepat.

Sehingga, kata dia, pemerintah perlu antisipasi kondisi ini, karena bisa saja kenaikan suku bunga AS akan terjadi dalam waktu dekat-dekat ini.

“Kita juga harus melihat bahwa kemungkinan kenaikan suku bunga ini akan semakin cepat dalam beberapa bulan ke depan, sehingga dampaknya bagi perekonomian global dan domestik harus diantisipasi dengan baik,” papar Febrio.

Sementara di dalam negeri, Febrio mengemukakan, kondisi di Indonesia masih relatif rendah bila dibandingkan dengan banyak negara, yaitu sebesar 3,5 persen di bulan April atau masih sejalan dengan outlook pemerintah.

Meski begitu, pemerintah akan terus memitigasi dampak terhadap harga-harga komoditas, baik energi maupun bahan pangan, sehingga yang tertransmisi ke rumah tangga masih relatif bisa dikelola dengan baik.

“APBN sebagai shock absorber memastikan bahwa dampaknya terhadap daya beli masyarakat juga dapat dikelola dengan baik,” katanya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here