Friday, 29 March 2024
HomeBeritaKena Dampak Ukraina, Hungaria Umumkan Keadaan Darurat

Kena Dampak Ukraina, Hungaria Umumkan Keadaan Darurat

Bogordaily.net – Hungaria harus bergerak cepat dalam mengatasi dampak yang ditimbulkan dari di . Bahkan, demi untuk melindungi keamanan dan menyamanan dalam negeri, Hungaria harus segera menjauh dari konflik tersebut.

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban mengatakan, saat ini dunia berada di ambang krisis ekonomi dan Hungaria harus meminimalkan dampaknya. Untuk itu, ia pun mengumumkan ‘keadaan darurat' sejak tengah malam pada Rabu 25 Mei 2022.

“Konflik Rusia- menimbulkan ancaman terus-menerus bagi Hongaria. Juga telah menguras energi dan stabilitas keuangan,” kata Orban seperti dikutip dari RMOL, Jumat 27 Mei 2022.

Ancaman itu diciptakan oleh permusuhan Barat terhadap Rusia dan juga sanksi Uni Eropa terhadap Rusia.

“Ini telah mengakibatkan kejutan ekonomi besar-besaran dan kenaikan harga yang dramatis,” katanya, menambahkan bahwa dunia berada di ambang kehancuran finansial.

Pada Selasa 24 Mei 2022 Parlemen Hungaria mengamandemen konstitusi negara untuk memungkinkan pemerintah memperkenalkan tatanan hukum khusus dan menyatakan keadaan darurat jika terjadi konflik bersenjata.

Undang-undang tersebut disetujui dengan 136 suara setuju dan 36 menentang.

Amandemen konstitusi memungkinkan pemerintah untuk menangguhkan beberapa undang-undang atau menyimpang dari ketentuan mereka untuk menjamin keamanan penduduk dan aset mereka, serta stabilitas ekonomi nasional.

Mahkamah Konstitusi, jika diminta, harus meninjau kembali langkah-langkah yang diambil pemerintah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here