Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaKenali 5 Gejala dan Tanda Gula Darah Tinggi, Yuk Cek!

Kenali 5 Gejala dan Tanda Gula Darah Tinggi, Yuk Cek!

Bogordaily.net – Penyakit umumnya terjadi pada pasien diabetes melitus. Lalu apa saja sih tanda tinggi? walaupun kamu orang yang sehat, mungkin mengenali hal ini bisa bermanfaat bagi kamu.

Apa sajakah gejala-gejalanya itu? Yuk simak penjelasan berikut, yang dilansir dari laman Hello Sehat :

1. Selalu Merasa Haus dan Sering Buang Air Kecil

Gejala pertama ini mungkin yang kamu sadari awalnya adalah cepat haus. Haus merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang, ini menandakan tubuh sedang dehidrasi dan membutuhkan asupan cairan.

Perlu diketahui, jika hal ini terjadi berulang ulang dan tidak hilang meski sudah banyak dan sering minum. Bisa saja, hal ini menjadi gejala tinggi.

2. Merasa Kelelahan

Gejala kedua adalah tubuh merasa cepat lelah. Kamu juga harus mewaspadai gejala ini.

Kenapa tubuh cepat lelah? mungkin terjadi karena tubuh merasa kurang sumber energi, padahal tidak.

Seperti yang kita tahu, gula merupakan sumber utama energi bagi tubuh. Nah, jika tinggi berarti energi dalam tubuh juga banyak dong?

Salah, padahal jika tinggi maka tubuh tidak akan mampu untuk mengolahnya karena fungsi hormon insulin yang membantu menyerap terganggu.

Ini mengakibatkan gula menumpuk dalam darah dan tidak digunakan sebagai energi.

3. Selalu Lapar, tapi Berat Badan Menurun

Seseorang yang merasa cepat lapar meski baru saja makin banyak, hal ini perlu diwaspadai. Bisa saja hal ini merupakan gejala tinggi.

Kenapa hal ini terjadi, jika kita kelebihan maka tidak bisa diolah tubuh menjadi energi, sehingga membuat sel-sel tubuh tidak mendapatkan energi.

4. Penglihatan Kabur

Pada orang yang mengalami tinggi, gejala ini sering kali dialami. yang tinggi dapat membuat penglihatan menjadi kabur sementara.

Hal ini terjadi karena lensa mata yang membengkak.

5. Mulut Kering

Gejala lain dari gula darah tinggi adalah mulut menjadi kering atau juga bisa disebut xerostomia.

Orang yang mengalami gula darah tinggi, juga memiliki masalah pada bibir yang kering dan pecah-pecah, bau mulut, sering haus, dan sensasi kering di tenggorokan.

Kenapa hal ini bisa terjadi? karena gula darah yang tinggi membuat kelenjar air terganggu sehingga air liur yang dihasilkan tidak normal.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here