Sunday, 19 May 2024
HomeBeritaKenali 5 Penyebab Kesemutan Pada Tangan yang Tidak Boleh Disepelekan, Nomor 5...

Kenali 5 Penyebab Kesemutan Pada Tangan yang Tidak Boleh Disepelekan, Nomor 5 Bahaya

Bogordaily.net –  pada tangan kerap sekali terjadi dan muncul secara tiba-tiba. Oleh karenanya, jangan sepelekan pada tangan. Gejala ini bisa menjadi tanda kondisi medis dalam tubuh dan perlu dicari penyebabnya.

Meski bukanlah kondisi yang berbahaya, Anda tetap perlu waspada bila keluhan ini berulang, berlangsung lama, dan disertai gejala lain. Pasalnya, kondisi tersebut bisa menjadi tanda atau gejala dari suatu penyakit.

Jari tangan biasanya terjadi saat adanya tekanan pada saraf di area tangan. Tekanan yang cukup lama bisa memicu sensasi kebas atau mati rasa, mulai dari jari tangan, pergelangan, lengan bawah, bahkan hingga ke siku.

Terdapat beberapa dan kebas yang tak boleh diabaikan. Pasalnya, ini bisa jadi pertanda penyakit seperti:

1. Stroke

Gangguan yang terjadi akibat sumbatan aliran darah pada sistem saraf pusat ini, yaitu otak, dapat menimbulkan gejala awal . Gejala lebih parah yang bisa menyertai adalah kelemahan di satu sisi badan hingga menurunnya kesadaran.

Untuk mencegahnya, perlu perubahan pola hidup seperti diet bergizi lengkap seimbang, rutin olahraga, menjaga berat badan ideal, hindari rokok dan alkohol, istirahat cukup, serta kelola stres dengan baik.

2. Diabetes

akibat diabetes, terjadi pada 50 persen penderita diabetes. Lebih lanjut, karena kebas pada kaki menyebabkan luka tak kunjung sembuh, kondisi ini bisa berujung pada terjadinya infeksi yang sering kali berakhir dengan amputasi.

3. Kekuaragan Vitamin B

Menu makan masyarakat Indonesia sering kali tinggi karbohidrat tapi tak lengkap gizi, khususnya vitamin dan mineral. Nah, dan kebas bisa muncul akibat kekurangan vitamin B1, B6, dan B12 (vitamin B kompleks).

Untuk mengatasinya, konsumsi kedelai, gandum, kacang-kacangan, daging merah, daging unggas, telur, keju, susu, daging ikan, dan lain-lain.

4. Saraf kejepit

HNP atau herniated disc biasa dikenal sebagai ‘saraf kejepit' di tulang belakang. Kondisi ini ditandai dengan gejala dan kebas yang dapat menjalar ke sepanjang lengan atau kaki, tergantung lokasi saraf yang terjepit.

Pada lokasi tulang belakang yang berada lebih di bagian bawah, kondisi ini dikenal dengan low back pain (sering disebut sebagai nyeri punggung bawah, lumbago, atau nyeri pinggang).

5. Gagal Ginjal

Jika gejala kesemutan disertai menurunnya produksi urine dan pembengkakan kaki, gagal ginjal perlu diwaspadai.

Kesemuta seringnya merupakan gejala yang ringan sehingga tak dianggap serius. Padahal, penyebabnya juga bisa akibat kondisi yang butuh penanganan medis.

Mulai sekarang jangan lagi mengabaikan keluhan kesemutan dan kebas, ya!***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here