Wednesday, 1 May 2024
HomeBeritaKepala Diskanak Kab Bogor Beberkan Temuan  14 Sapi Positif PMK di Pasar...

Kepala Diskanak Kab Bogor Beberkan Temuan  14 Sapi Positif PMK di Pasar Jonggol Bogor

Bogordaily.net –  Kepala Diskanak Kabupaten Bogor Otje Subagdja menjelaskan mengenai temuan adanya 14 sapi 14 Sapi Positif di . Pemkab Bogor sudah mengantisipasi wabah . Sehingga, ketika virus itu masuk ke Kabupaten Bogor, langkah-langkah penanganan pun langsung dilakukan.

Otje Subagdja mengataan,  Pemkab Bogor  sudah membuka 7 posko untuk memantau perkembangan kasus .

Posko tersebut berada di Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor dan enam puskeswan yang tersebar di wilayah Cibinong, Babakan Madang, Jonggol, Pamijahan, Laladon, dan Jasinga.

“Kami berusaha antisipasi dari jauh hari dengan membentuk tim, membuat edaran kewaspadaan dini dan sosialisasi hingga menyiagakan petugas untuk membantu masyarakat jika ingin memeriksakan hewan ternaknya,” kata Otje kepada wartawan seperti dikutip dari reublikacoid.

Mengenai 14 sapi yang terkonfirmasi positif , kat ada,  Pemkab Bogor langsung perintahkan menutup sementara pasar hewan yang ditemukan kasus .

Ini juga sesuai edaran Kementan agar virusnya tidak menyebar kemana-mana. “Karena kalau kita tidak tutup, pasti datang lagi hewan ternak dari daerah lain, nanti takut menularkan atau membawa lagi virus,” kata dia.

“Lockdown 14 hari itu sesuai masa inkubasi virus. Jadi ini menyeimbangkan ekonomi harus jalan tetapi penyakit juga harus terkendali karena sangat cepat menular. Mudah-mudahan ini bisa cepat selesai,” kata Otje.

Sebelumnya, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menegaskan langkah Pemkab Bogor setelah mengetahui 14 Sapi Positif Virus di Pasar Hewan Jonggol Kabupaten Bogor.

Salah satu upaya yang dilakukan itu yakni, menutup pasar hewan tersebut. Iwan meminta masyarakat, khususnya peternak dan penjual hewan ternak, untuk dapat mematuhi arahan petugas di lapangan dalam penanganan .

“Agar virus tersebut tidak menyebar kemana-mana, saya instruksikan langsung melakukan isolasi terhadap hewan ternak yang terpapar ,” kata Iwan, Kamis seperti dikutip dari republikacoid 26 Mei 2022.

Dengan ditutup selama 14 hari, kata Iwan, diharapkan Pasar Hewan Jonggol bersih dari virus dan dapat dibuka kembali, setelah dketahui ada 14 Sapi Positif Virus . Sehingga masyarakat tenang dan ekonomi bisa berjalan kembali dengan normal tanpa ada kekhawatiran.

“Saya mohon masyarakat, khususnya peternak dan penjual hewan ternak untuk dapat mematuhi arahan petugas Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor di lapangan dalam penanganan kasus PMK, agar wabah PMK ini tidak menyebar kemana-mana. Kita butuh kerja sama agar virus ini bisa cepat teratasi, agar kita bisa menyambut Idul Adha dengan tenang,” tuturnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here