Sunday, 12 May 2024
HomeNasionalKesaksian Warga Detik-detik Air Sungai Cimeta Berubah jadi Merah Darah

Kesaksian Warga Detik-detik Air Sungai Cimeta Berubah jadi Merah Darah

Bogordaily.net – Air Sungai Cimeta yang berubah menjadi merah darah menjadi perbincangan dan viral di media sosial. Sungai yang ada di wilayah Kabupaten Bandung Barat itu menjadi mistei karena belum diketahui penyebabnya.

Meski demikian sejumlah warga memberikan kesaksian bahwa air sungai itu sebelumnya normal seperti sungai para umumnya namun tiba-tiba saja berubah jadi merah.

Fenomena air sungai berwarna merah itu terlihat oleh warga pada Senin 30 Mei 2022 pagi di sejumlah desa di Padalarang, Bandung Barat yang dilewati Sungai Cimeta yang merupakan anak Sungai Citarum. Seperti Desa Tagog Apu dan Campakamekar.

Berdasarkan pantauan, aliran air Sungai Cimeta yang berubah menjadi warna merah menyerupai darah mulai dijumpai dari wilayah Desa Tagog Apu hingga Campakamekar. Bahkan diperkirakan sampai ke wilayah Kecamatan Cipatat.

“Saya tadi pagi jam 6 lewat warnanya belum merah. Tapi pas saya lewat lagi jam 6 lebih udah jadi merah,” tutur Ani Mulyani (42), salah seorang warga Desa Tagog Apu di lokasi.

Ia belum mengetahui penyebab air Sungai tiba-tiba berubah menjadi warna merah. Apalagi fenomena tersebut baru dijumpai warga.

“Saya dari kecil di sini, tapi baru sekarang lihat airnya jadi warna merah,” ujar Ani.

Sementara itu terpantau Babinsa Desa Campakamekar, Satgas Citarum Harum dan BPBD Bandung Barat yang melakukan pengecekan dan menelusuri penyebab air Sungai Cimeta yang berubah menjadi warga merah.

Babinsa Desa Campakamekar, Serka Nana Herdiaman mengatakan, pihaknya mendapat laporan terkait perubahan warna Sungai tersebut sekitar pukul 06.30 WIB.

“Kemudian saya cari informasi ke setiap RW dan cek lokasi ternyata benar sungainya berubah jadi merah,” ujarnya.

Ia belum bisa memastikan penyebab air Sungai Cimeta tiba-tiba berubah menjadi warna merah. Hanya saja sepengetahuannya titik awalnya berada di Desa Tagog Apu. Namun dampaknya diperkirakan mencapai 2 kilometer lebih.

“Saya belum bisa menyimpulkan penyebabnya. Kalau dari titik nol itu diperkirakan sampai 2 kilometer lebih. Bahkan sampai Nyalindung dan Sumur Bandung,” katanya.

Sementara itu, Satgas Citarum Harum Sektor 9 Subsektor 3 Padalarang menduga perubahan air itu disebabkan terpapar limbah B3.

“Jika melihat kepekatan air, ini diduga bahan pewarna kain,” ucap Kepala Sub 3 Satgas Citarum Harum Sektor 9 Subsektor 3 Padalarang, Sertu Kholid Abdul Rahman.

Namun untuk kepastiannya pihaknya akan membawa sampel air tersebut ke labolatorium milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Kita sinyalir limbah B3. Yang jelas sampel kita kirim ke lab punya KLHK. Hasilnya maksimal 3 bulan, karena prosesnya lama,” kata Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) pada Dinas Lingkungan Hidup, Adi. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here