Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaKetahui Yuk, 5 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Wajah

Ketahui Yuk, 5 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Wajah

Bogordaily.net– sudah tak asing lagi bagi kita. Salah satu jenis buah-buahan, tetapi ada juga yang menyebutnya sebagai sayur ini sering kita jumpai di dapur. Seperti diketahui, baik untuk kesehatan tubuh sebab mengandung vitamin C dan E, serta tinggi fitonutrien karotenoid, seperti lutein, zeaxanthin, dan lycopene. Nah, apakah untuk kulit baik juga khasiatnya? Berikut ini manfaat untuk kesehatan wajah yang dirangkum Yoursay Suara.com dari laman hellosehat.com.

Mencegah kanker kulit

mengandung likopen. Yakni salah satu jenis antioksidan yang memberi pigmen warna pada . Senyawa likopen berpotensi mengurangi jumlah sel kanker, menunda timbulnya kanker kulit dari paparan zat pemicunya, serta menjaga jaringan tumor agar tetap jinak. Kamu bisa mengkonsumsi secara langsung untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Melembabkan kulit

juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Dikarenakan, kandungan kalium pada cukup tinggi. Kamu bisa mengoleskan atau produk perawatan kulit yang mengandung kalium. Hal ini didukung oleh studi yang terbit di tahun 2012 pada Journal of Dermatological Science, menyebutkan jika penurunan kadar kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang-orang yang memiliki eksim.

Melindungi kulit dari sengatan matahari

Likopen pada tak hanya berguna untuk kanker kulit, melainkan juga sebagai pelindung kulit dari terbakar akibat sengatan matahari. Meski bisa melindungi kulit dari sengatan matahari, tentunya tidak bisa menggantikan peran dari tabir surya.

Membantu mengelupaskan kulit mati

Pengelupasan kulit mati ternyata juga bisa terbantu oleh tomat. Diketahui, tomat mengandung pektin dan flavonoid yang baik untuk khasiat tersebut. Tahukah kamu, jika kulit mati menumpuk, hal ini dapat membuat kulit wajah terasa kering, bersisik, serta menyumbat pori-pori.

Membantu mendorong produksi kolagen

Ini dia manfaat selanjutnya dari tomat. Apakah kamu tahu? Jika kolagen adalah protein yang berfungsi sebagai salah satu pembentuk kulit. Kolagen membuat kulit agar tetap terlihat kencang sehingga wajah kamu tidak mengendur dan terlihat lebih awet muda. Dengan kandungan vitamin C nya, tomat dapat merangsang produksi kolagen juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here