Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalKibarkan Bendera Pelangi Simbol LGBT, Menlu Panggil Kedubes Inggris Atas Indonesia

Kibarkan Bendera Pelangi Simbol LGBT, Menlu Panggil Kedubes Inggris Atas Indonesia

Bogordaily.net – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi akan memanggil Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, hari ini, Senin, 23 Mei 2022. Hal ini dilakukan atas pengibaran bendera pelangi simobol tradisi Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender () di Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Jakarta.

“Menlu RI telah meminta pejabat terkait memanggil Dubes Inggris. Sudah dipanggil dan akan ketemu pejabat terkait urusan kawasan Amerop [Amerika-Eropa] hari ini rencananya,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Teuku Faizasyah.

Menlu RI, kata Teuku, juga telah meminta pejabat terkait memanggil Dubes Inggris untuk memberikan klarifikasi atas kejadian ini.

Menurut Teuku, pengibaran bendera serta mempublikasikannya melalui akun resmi media sosial Kedubes Inggis adalah bentuk sikap tidak sensitif dari pihak Inggris terhadap Indonesia.

“Tindakan tersebut, disertai mempublikasikannya melalui akun resmi sosial media Kedubes Inggris (Instagram @ukinindonesia), sangatlah tidak sensitif dan menciptakan polemik di tengah masyarakat Indonesia,” jelasnya.

“Kementerian Luar Negeri mengingatkan perwakilan asing untuk dapat menjaga dan menghormati sensitifitas nilai budaya, agama dan kepercayaan yang berlaku di Indonesia,” tambahnya.

Kemlu RI menyatakan bakal meminta klarifikasi kepada Duta Besar Inggris terkait pengibaran bendera tersebut.

Beberapa waktu lalu, Kedutaan Inggris di Jakarta mengunggah foto pengibaran bendera di samping bendera kebangsaan Inggris dalam akun Instagram-nya.

“Kadang penting untuk membela apa yang Anda pikir benar, meski perselisihan di antara teman dapat berujung pada ketidaknyamanan. Inggris tetap menyatakan bahwa hak + merupakan hak asasi manusia yang fundamental,” demikian isi unggahan tersebut, dikutip dari akun Instagram Kedubes Inggris.

Pada 17 Mei 2022 lalu, bendera pelangi berjejer dengan bendera Inggris Union Jack di tiang bendera Kedubes Inggris. Ini dilakukan sebagai peringatan hari anti-homofobia yang diperingati dunia setiap 17 Mei.

Dalam postingan tersebut, Inggris jelas menunjukkan keberpihakannya terhadap hak-hak dan juga mendorong semua negara di dunia untuk menghentikan diskriminasi terhadap .

Sebagaimana diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menghapus homoseksualitas dari klasifikasi internasional tentang penyakit pada 17 Mei 1990 silam.

Pemanggilan ini terkait pengibaran bendera “pelangi” kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta beberapa waktu lalu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here