Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaSetelah Turki, Kroasia Tolak Pengajuan Keanggotaan Swedia dan Finlandia di NATO

Setelah Turki, Kroasia Tolak Pengajuan Keanggotaan Swedia dan Finlandia di NATO

Bogordaily.net – Usai , kini menyatakan penolakan atas pengajuan Swedia dan Finlandia untuk menjadi anggota NATO.

Mengungkapkan penolakannya pada Rabu 18 Mei 2022, Presiden Zoran Milanovic berencana untuk menginstruksikan Duta Besar Mario Nobilo, perwakilan tetap negara itu untuk NATO, untuk memblokir aksesi Finlandia dan Swedia ke aliansi militer yang dipimpin AS itu.

“Menolak persetujuan akan mengalihkan perhatian masyarakat internasional pada masalah yang dihadapi etnis di negara tetangga Bosnia dan Herzegovina,” kata Milanovic kepada wartawan, seperti dikutip dari RMOL, Kamis 19 Mei 2022.

Di bawah undang-undang pemilu saat ini, perwakilan cenderung dipilih dengan suara Muslim Bosnia, juga dikenal sebagai Bosniak. Zagreb mendorong untuk merevisi ini.

“Saya telah mengatakan sebelumnya, di Bosnia lebih penting bagi saya daripada seluruh perbatasan Rusia-Finlandia,” tambahnya.

Stockholm dan Helsinki secara resmi memutuskan sejarah netralitas mereka pada 15 Mei dan mengajukan keanggotaan NATO.

Namun, penerimaan negara-negara baru ke blok membutuhkan persetujuan bulat dari semua anggota.

menunjukkan bagaimana memperjuangkan kepentingan nasional,” kata Milanovic, menunjuk pada penentangan Ankara terhadap kesepakatan apa pun yang mengakui Swedia dan Finlandia ke NATO.

pasti tidak akan mengalah sebelum mendapatkan apa yang diinginkannya,” kata presiden itu.

sebelumnya telah memperingatkan bahwa mereka mungkin menentang langkah Swedia dan Finlandia, dengan Erdogan menyebut kedua negara Nordik itu sebagai “rumah tamu bagi organisasi teroris.”

Dia mengacu pada separatis Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Front Pembebasan Rakyat Revolusioner (DHKP/C), yang telah dilarang oleh Ankara.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here