Tuesday, 21 May 2024
HomeEkonomiLakukan Hal Ini Jika Tarik Tunai Uang ATM Tak Keluar

Lakukan Hal Ini Jika Tarik Tunai Uang ATM Tak Keluar

Bogordaily.net– Saat melakukan transaksi tarik tunai di mesin Anjungan Tunai Mandiri () pernahkah mengalami kejadian uangnya tidak keluar? Atau bahkan saldonya sudah berkurang? Nah, hal ini justru membingungkan. Lalu bagaimana jika saat tarik tunai uang tidak keluar? Berikut hal-hal yang harus dilakukan:

Jangan Panik dan Coba Kembali Memasukkan Kartu ke

Pengamat Perbankan dan Staf Khusus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ryan Kiryanto mengatakan hal yang perlu dilakukan nasabah adalah jangan panik. Nasabah bisa mencoba memasukkan kembali kartu ke .

“Bisa coba masukkan lagi kartu kita. Nanti, klik pada menu mutasi. Itu buat mengecek transaksi keuangan. Misalkan, dalam lima transaksi terakhir. Lalu, tekan print. Nanti akan keluar setruknya,” kata Ryan dikutip dari Detik.com.

Lihat Setruk

Ryan menjelaskan, nasabah bisa melihat status transaksi tadi pada setruk tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengetahui keterangan apakah transaksi berhasil atau tidak. Kalau selesai transaksi penarikan setruk keluar maka lihat setruknya.

“Apakah transaksinya sukses atau tidak. Kalau setruknya keluar uangnya tidak, pasti nanti ada keterangan decline di . Kalau decline, itu nggak usah khawatir memang uangnya tidak keluar dan saldo tidak terpotong,” ujarnya.

Jika transaksi di telah selesai tetapi uang tetap tidak keluar, kata dia, maka akan muncul keterangan tertentu.

“Kalau katakanlah uang yang tidak keluar itu Rp2 juta. Itu akan muncul keterangannya debit. Tapi, karena kasus uangnya nggak keluar nanti di bawahnya itu akan muncul angka yang sama Rp2 juta, tapi bentuk keterangannya belakang kodenya akan C (credit). Jadi, uang kita itu dikembalikan. Sistem melakukan itu, makanya keluar kodenya C,” jelas Ryan.

 

Laporkan ke Bank

Apabila kita tidak tahu apakah saldo berkurang atau tidak, maka nasabah bisa melaporkan kejadian tersebut kepada pihak bank.

“Segera hubungi kantor cabang terdekat, atau bisa by phone atau lewat website. Tunggu respons pihak bank. Jelaskan kepada pihak bank bagaimana kejadiannya, apabila posisinya kita nggak tahu saldo berkurang atau tidak dan setruk tidak keluar. Nanti, pihak bank pasti akan mengecek dan memberikan keterangannya. Apakah transaksinya sukses atau memang gagal,” ujar Ryan.

Ia pun mengingatkan kepada para nasabah untuk selalu teliti serta memahami apa yang diinstruksikan pada layar . Oleh karena itu, kata dia, perlu teliti dan jangan buru-buru serta ikuti apa yang diinstruksikan pada layar .

“Setelah transaksi, pastikan kartu dan uang sudah ada di tangan kita. Karena sejatinya, ATM akan mengeluarkan uang sesuai permintaan, itu by system dan harus connect. Jadi, kalau uang yang diminta dengan nominal tertentu nggak ada stoknya di ATM, ya ATM juga nggak bakal kasih uangnya,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here