Friday, 3 May 2024
HomeNasionalMahasiswa di Malang Terduga Teroris, Aktif Mencari Dana Sejak 3 Tahun Lalu

Mahasiswa di Malang Terduga Teroris, Aktif Mencari Dana Sejak 3 Tahun Lalu

Bogordaily.net – Terduga mahasiswa Universitas Brawijaya yang ditanggkap di Malang, Jawa Timur yang berinisal IA, menurut disinyalir telah aktif mencari sumbangan sejak 2019.

Menurut pernyataan Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mahasiswa tersebut, itu mengumpulkan dana melalui rayuan di media sosial Whatsapp

“Sejak 2019 itu dia sudah melakukan komunikasi (menggalang dan mengirimkan dana) dengan mengajak rekan-rekan di grup salah satu sosial media,” kata Ahmad, Selasa, 31 Mei 2022.

Ahmad mengungkapkan, IA mulai mengirimkan dana ke ISIS usai menyatakan dukungannya terhadap kelompok tersebut. Ia juga mengajak peserta lain untuk ikut mendukung dan memberikan bantuan dana.

“Bantuan dana ini digunakan untuk kegiatan terorisme,” ungkapnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa ini tidak hanya meliputi kegiatan fisik, tapi juga memberikan bantuan pemberangkatan untuk pelatihan fisik dan militer, pembelian senjata, dan pemberangkatan anggota ke Suriah.

Seperti diketahui, IA ditangkap di kos-kosan Kota Malang, Jawa Timur, pukul 12.00 WIB pada Senin, 23 Mei 2022. IA diduga terlibat mengumpulkan dana membantu kegiatan ISIS di Indonesia. Selain itu, IA disebut mengelola media sosial menyebarkan materi-materi ISIS terkait tindak pidana terorisme.

Dalam kasus ini, IA dijerat Pasal 15 Jo 7 dan Pasal 13A Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, dengan ancaman penjara paling lama lima tahun.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here