Friday, 3 May 2024
HomeBeritaHarus Tau! 3 Alasan Makanan yang Digoreng Tidak Baik untuk Tubuh

Harus Tau! 3 Alasan Makanan yang Digoreng Tidak Baik untuk Tubuh

Bogordaily.net – Menggoreng atau Digoreng sering digunakan oleh restoran dan tempat makanan cepat saji sebagai cara cepat dan murah untuk menyiapkan makanan.

Makanan gorengan yang populer termasuk ikan, kentang goreng, potongan ayam, dan stik keju, meskipun kamu bisa menggoreng apa saja.

Banyak orang menyukai rasa makanan yang digoreng. Namun makanan ini cenderung dan , sehingga makan banyak dapat memiliki efek negatif pada kesehatan kamu.

Dikutip dari Yoursay, berikut 3 alasan makanan yang digoreng tidak baik untuk tubuh :

1. Makanan yang Digoreng

Dibandingkan dengan metode memasak lainnya, menggoreng menambahkan banyak kalori. Disadur dari healthline.com, makanan yang digoreng biasanya dilapisi dengan adonan atau tepung sebelum digoreng.

Selanjutnya, ketika makanan digoreng dengan minyak, makanan kehilangan air dan menyerap lemak, yang selanjutnya meningkatkan kandungan kalorinya.

Secara umum, makanan yang digoreng secara signifikan lebih tinggi lemak dan kalori daripada makanan yang tidak digoreng.

Misalnya, satu kentang panggang kecil (100 gram) mengandung 93 kalori dan 0 gram lemak, sedangkan kentang goreng dalam jumlah yang sama (100 gram) mengandung 319 kalori dan 17 gram lemak.

Contoh lain, 100 gram filet cod panggang mengandung 105 kalori dan 1 gram lemak, sedangkan ikan goreng dalam jumlah yang sama mengandung 232 kalori dan 12 gram lemak. Seperti yang kamu lihat, kalori bertambah dengan cepat saat makan makanan yang digoreng.

2. Makanan yang Digoreng Biasanya Tinggi

Disadur dari wmnlife.com, terbentuk ketika lemak tak jenuh mengalami proses yang disebut hidrogenasi. Produsen makanan sering menghidrogenasi lemak menggunakan tekanan tinggi dan gas hidrogen untuk meningkatkan umur simpan dan stabilitasnya, tetapi hidrogenasi juga terjadi ketika minyak dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi selama memasak.

Proses tersebut mengubah struktur kimia lemak, membuatnya sulit untuk dipecah oleh tubuh kamu, yang pada akhirnya dapat menyebabkan efek kesehatan yang negatif.

Faktanya, dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

Karena makanan yang digoreng dimasak dalam minyak pada suhu yang sangat tinggi, kemungkinan besar makanan tersebut mengandung .

Terlebih lagi, makanan yang digoreng sering dimasak dalam minyak sayur atau biji olahan, yang mungkin mengandung sebelum dipanaskan.

3. Makanan Goreng Mungkin Mengandung Akrilamida Berbahaya

Akrilamida adalah zat beracun yang dapat terbentuk dalam makanan selama memasak suhu tinggi, seperti menggoreng, memanggang atau memanggang.

Ini dibentuk oleh reaksi kimia antara gula dan asam amino yang disebut asparagin. Makanan bertepung seperti produk kentang goreng dan makanan yang dipanggang biasanya memiliki konsentrasi akrilamida yang lebih tinggi.

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa itu menimbulkan risiko beberapa jenis kanker. Namun, sebagian besar penelitian ini menggunakan dosis akrilamida yang sangat tinggi, berkisar antara 1.000–100.000 kali jumlah rata-rata yang akan terpapar pada manusia melalui diet. Sementara beberapa penelitian pada manusia telah menyelidiki asupan akrilamida, buktinya beragam.

Satu ulasan menemukan hubungan sederhana antara akrilamida makanan pada manusia dan kanker ginjal, endometrium, dan ovarium.

Studi lain menunjukkan bahwa akrilamida makanan pada manusia tidak terkait dengan risiko semua jenis kanker umum. Namun, penting untuk membedakan antara buatan dan yang terjadi secara alami dalam makanan seperti daging dan produk susu.

Ini belum terbukti memiliki efek negatif yang sama pada kesehatan seperti yang ditemukan dalam makanan yang digoreng dan diproses.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here