Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorVideo Detik-detik Satu Kampung di Megamendung Bogor Diterjang Banjir

Video Detik-detik Satu Kampung di Megamendung Bogor Diterjang Banjir

Bogordaily.net – Video detik-detik banjir bandang menerjang Megamendung Bogor di Kawasan Puncak berlangsung cukup mencekam pada Selasa 31 Mei 2022.

Banjir itu tiba-tiba datang dan merendam satu kampung. Kampung yang diterjadi banjir dan longsor itu yakni kampung pabuaran RT02/03, Desa Sukamahi Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor.

Dalam video itu nampak warga berteriak histeris mengingatkan warga bahwa ada banjir datang menerjang rumah-rumah warga di kampung itu.

Bencana itu terjadi setelah deras mengguyur kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa 31 Mei 2022.

Akibatnya, kampung pabuaran RT02/03, Desa Sukamahi Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor kebanjiran. Beberapa rumah dikawasan itu juga diterjang longsor.

Belum diketahui jumlah korban dan kerugian yang diderita atas kejadian itu. Informasi yang dihimpun, data sementara longsor menimpa rumah atas nama Ade yang dihuni oleh 5 jiwa.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan jalan kampung Ciburial, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor terendam. Selain longsor yang menerjang rumah warga, dua sepeda motor milik warga terseret arus banjir yang cukup deras tersebut.

Detik-detik banjir itu pun cukup mencekam. Dari video yang beredar dan diterima redaksi bogordaily.net banjir itu membuat warga khawatir dan berteriak histeris.

Dalam video itu nampak, banjir menerjang perumahan warga. Saking derasnya banjir juga menyeret sepeda motor milik warga.

“Banjir-banjir,” teriak salah satu warga yang terkam video itu mengumumkan ada banjir bandang yang menerjang kampung mereka.

Selain banjir itu. sejumlah rumah warga jebol dan rusak akibat diterjang longsor tersebut. Tebingan longsor, rumah rusak bahkan ada yang ambruk.

Hal itu terlihat dari sejumlah foto yang beredar. Banjir di puncak itu pun membuat warga waswas dan harus bekerjabakti untuk membersihkan kampung dari puing reruntuhan serta sisa-sisa banjir tersebut.

Akibat bogor ini pun memicu luapan air dipintu katulampa.

deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya dari pukul 15.30 WIB pada Selasa, 31 Mei 2022 membuat Tinggi Muka Air (TMA) sungai Ciliwung di Bendung Katulampa meningkat hingga berstatus siaga 2.

Berdasarkan data petugas Bendungan Katulampa, sejak pukul 17.35 WIB ketinggina air mencapai 170 sentimeter. Warga pun diimbau apalagi yang berada dibantaran sungai Ciliwung untuk tetap waspada.

“Yaa, warga harus waspada, jangan lengah. Terutama yang tinggal dibantaran sungai Ciliwung. Mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap Petugas Penjaga Bendung Katulampa Andi Sudirman. ****

***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here